Banyak Jalan Menuju Rumah

Oleh Fathia Azkia pada 30 Jan 2019, 11:18 WIB
beli rumah di pameran properti

Liputan6.com, Jakarta – Setujukah Anda bahwa membeli rumah merupakan proses yang relatif sulit? Pasalnya, akan ada cukup banyak perjuangan dan pengetahuan yang pastinya membutuhkan waktu dan tenaga.

Akan tetapi, dengan bekal mental dan finansial yang cukup, sepatutnya membeli rumah justru terasa menyenangkan. Saat sudah siap membeli rumah, langkah awal yang harus ditempuh adalah menggali sebanyak-banyaknya informasi terkait prosesnya.

Mulai dari mencari tahu berapa biaya awal yang harus disiapkan, apa saja pajak-pajaknya, hingga bagaimana mencari tahu seperti apa developer yang baik.

(Eits, jangan coba-coba beli rumah di pinggir kota tanpa menyimak ulasan wilayahnya di Area Insider Rumah.com!)

Umumnya, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mencari berbagai pilihan rumah. Pertama, datang langsung ke sebuah kawasan di mana ada banyak klaster di dalamnya. Atau yang kedua, berkunjung ke salah satu pameran properti, di mana Anda akan disuguhkan beragam hunian baik rumah tapak maupun apartemen.

Jika memilih cara kedua, dalam waktu dekat ada pameran Indonesia Properti Expo (IPEX), yang berlangsung dari Sabtu, 2 Februari 2019 sampai 10 Februari 2019 di Hall A & B Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Acara tersebut terselenggara dari kerjasama PT. Adhouse Clarion Events, dengan dukungan DPD REI DKI Jakarrta dan PT. Bank Tabungan Negara (BTN) Persero Tbk.

Ketahui dinamika pasar properti di Indonesia, termasuk sentimen pasar dari sudut pandang pembeli lewat Rumah.com Property Affordability Sentiment Index!

IPEX tahun ini memberikan kontribusi penting dalam penyediaan hunian bagi masyarakat. Walaupun dihadapkan tahun politik, namun optimisme bisnis properti terutama dalam penjualan rumah sebagai hunian masih berjalan positif.

Kebijakan Pemerintah dalam pembiayaan perumahan masih akan menjadi penentu pasar properti 2019. Relaksasi pemerintah untuk menggairahkan pergerakan industri properti dari sentimen-sentimen negatif, juga sudah banyak dan terus diupayakan oleh Pemerintah.

Simak juga: Pandangan pasar properti tahun depan dalam Rumah.com Property Market Outlook 2019

Seperti kebijakan pembangungan infrastruktur, pelonggaran Loan of Value (LTV), hingga program sejuta rumah untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan huniannya.

Keyakinan tahun 2019 masih tetap baik untuk investasi properti, mengingat masih tingginya angka kebutuhan rumah yang belum terpenuhi atau backlog.

“Kita tetap optimis dengan event pameran properti yang setiap tahun rutin diadakan. Sebagaimana biasanya, event kali ini diikuti oleh para developer komersil dan subsidi” jelas Gad Permata selaku Vice President Director PT. Adhouse Clarion Events.

Tercatat ada 150 peserta developer yang bakal menampilkan 600 proyek properti, dengan pilihan harga mulai Rp130 juta dan jangka waktu kredit sampai 30 tahun. Selama pameran berlangsung, Bank BTN menjanjikan suku bunga KPR mulai 6,69% dan uang muka 1%.

(Mau apapun pilihan KPR-nya, simulasikan dulu cicilan rumah per bulannnya lewat Kalkulator KPR dari Rumah.com)

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah