Rumah Murah di Bogor Kian Menjamur

Oleh Fathia Azkia pada 25 Jan 2019, 21:01 WIB
pemandangan kota bogor

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan perumahan di Kota Bogor saat ini semakin menunjukkan tren bergerak ke pinggir kota, karena keterbatasan lahan yang ada di tengah kota.

Pergerakan harga properti pun terus mengalami peningkatan. Harga tanah di daerah Kencana, Tanah Sareal, misalnya. Saat ini sudah mencapai Rp2 juta-Rp2,5 juta tergantung lokasinya.

Ketahui dinamika pasar properti di Indonesia, termasuk sentimen pasar dari sudut pandang pembeli lewat Rumah.com Property Affordability Sentiment Index!

Harga tersebut melompat cukup tinggi dibanding sekitar 4 tahun lalu yang harganya masih berkisar Rp500 ribu-Rp1 juta. Kenaikannya cukup signifikan, lebih dari 100%.

Daerah Tanah Sareal bisa menjadi pilihan menarik, karena daerah ini dilintasi oleh Tol BORR alias lingkar luar Bogor. Pilihan menuju kawasan ini bisa melalui pintu keluar Kedung Badak, atau bisa juga melalui Salabenda bila nanti Tol BORR seksi 2 sudah selesai. Saat ini pengerjaannya sudah mencapai 70%, jadi tidak lama lagi pintu Tol Salabenda sudah bisa dilewati.

Berkaca pada besarnya potensi yang ada, salah satu pengembang kawakan di Kota Bogor, Elang Group, kembali melakukan manuver dengan menggandeng mitra untuk rencana pengembangan salah satu aset lahan terbesarnya. Ialah kawasan perumahan Bukit Mekar Wangi, melalui anak usahanya PT Manakib Rezeki baru saja menandatangani MoU pengembangan lahan dengan PT Kereta Api Properti Manajemen.

 

Direktur Utama PT Manakib Rezeki, Hamzah Muhammad Ali mengatakan "Kami optimis dan semakin percaya diri dengan adanya rencana kerjasama ini. Di sisi lain, MoU ini diharapkan dapat membuat kami tetap dipercaya sebagai pengembang properti di setiap lapisan golongan masyarakat."

Rencananya, kedua belah pihak akan melakukan sinergi pengembangan lahan bersama-sama atas beberapa area di perumahan Bukit Mekar Wangi yang terletak di Kayumanis, Tanah Sareal, Kota Bogor.

(Mau apapun pilihan KPR-nya, simulasikan dulu cicilan rumah per bulannnya lewat Kalkulator KPR dari Rumah.com)

Agung Anugrahanto selaku corporate secretary Elang Group menambahkan, "Proyek kami berlokasi strategis, hanya 15 menit dari Stasiun KRL Cilebut dan juga Tol BOR seksi III A, sehingga bisa jadi pilihan tepat untuk hunian dan investasi. Kerjasama yang kami lakukan juga diharapkan dapat semakin membuka ruang bagi setiap masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya akan rumah."

Pihaknya sendiri tetap berusaha untuk mendongkrak pasar properti Indonesia yang masih lesu di tengah maraknya proyek properti, namun tidak kuatnya daya beli masyarakat dengan rencana terukur.

(Eits, jangan coba-coba beli rumah di pinggir kota tanpa menyimak ulasan wilayahnya di Area Insider Rumah.com!)

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah