Panduan Tepat Cegah Kebakaran Rumah

Oleh Fathia Azkia pada 14 Mar 2019, 14:31 WIB
20161001-mitos kebakaran-rumahcom-boy

Liputan6.com, Jakarta - Pada musim kemarau, kebakaran kerap jadi momok yang menakutkan. Tak jarang kebakaran juga melalap habis sebuah permukiman, terutama permukiman yang diisi rumah-rumah semi permanen.

Memadamkan si jago merah bisa jadi merupakan hal yang mustahil. Namun, mencegah terjadinya kebakaran merupakan tindakan yang bisa kita lakukan.

(Sebelum beli rumah, simulasikan dulu cicilan rumah per bulannnya lewat Kalkulator KPR dari Rumah.com)

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran:

Hentikan kebiasaan merokok

Banyak kejadian puntung rokok yang dibuang ke tempat sampah ternyata belum benar-benar padam. Baranya pun membakar kertas dan plastik yang terdapat di dalam tempat sampah hingga akhirnya api menyambar benda lain di sekitarnya.

Begitu pula saat membuangnya sembarangan ke halaman. Bara yang tersisa bisa membakar daun-daun kering atau sampah di sekitarnya dan menimbulkan kebakaran.

Penggunaan listrik

Sebaiknya Anda tidak menggunakan peralatan listrik yang melebihi beban kapasitas meter listrik. Hindari pemasangan instalasi listrik yang terlalu banyak menggunakan sambungan isolasi, karena isolasi mudah memuai dan mengelupas bila terkena panas listrik.

(Simak Review Properti dari Rumah.com yang disajikan secara obyektif dan transparan, sehingga Anda dapat menilai spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya)

 

 

2 of 2

Pasang Fire Alarm

Pada beberapa bangunan seperti rumah sakit, gedung perkantoran, maupun gedung tinggi termasuk apartemen, sudah pasti wajib memiliki sistem keamanan terhadap bahaya kebakaran. Sistem tersebut juga sebaiknya ada di rumah Anda.

Memasang sistem keamanan terhadap bahaya kebakaran di rumah bisa dilakukan dengan menggunakan produk Fire Alarm Notifier with Color Graphic.

Produk yang dirilis Honeywell, brand terkemuka asal Amerika Serikat ini, mampu mengontrol titik-titik alat kebakaran dalam dashboard dengan software khusus.

Cek Rumah.com Property Index untuk mencari tahu tren kenaikan harga properti per kuartal di berbagai lokasi favorit!

"Sehingga apabila terjadi peristiwa kerusakan atau terjadi titik kebakaran, alat akan mengetahui dengan segera area yang bermasalah," ujar Roy Kosasih, President Director PT Honeywell Indonesia.

Dalam memasarkan produk pencegah kebakaran tersebut, Honeywell menunjuk PT Mitra Cipta Hardi Elektrindo (MCHE) sebagai mitra distributor.

"Kami sendiri sudah dipercaya memasarkan banyak brand. Lalu dengan bergabungnya Honeywell ke dalam lini bisnis, harapan kami adalah konsumen akan lebih mudah dalam mendapatkan produk-produk keselamatan,” jelas Michael Hardinata, President Director, PT Mitra Cipta Hardi Elektrindo.

Selain Fire Alarm Notifier, Honeywell juga memproduksi banyak alat keselamatan kerja seperti safety equipment seperti helm, kacamata, masker, penutup telinga, pakaian, rompi, hingga sepatu kerja.

Punya pertanyaan seputar beli rumah dan KPR? Klik Tanya Properti Rumah.com!

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Lanjutkan Membaca ↓