Panduan agar Anak Tetap Nyaman Saat Diajak Pindahan

Oleh Wahyu Ardiyanto pada 22 Apr 2017, 09:09 WIB
20170422-Panduan mudah saat pindah rumah

Liputan6.com, Jakarta Harus diakui, proses pindah rumah dari tempat tinggal lama ke tempat yang baru memang bikin repot dan melelahkan. Bayangkan saja, Anda harus packing barang-barang ke dalam kardus dan memilah-milahnya berdasarkan jenisnya dan juga harus mengerahkan seluruh tenaga saat memindahkan barang-barang yang memiliki bobot yang cukup berat.

(Baca juga: 5 Tips Menggunakan Jasa Pindah Rumah)

Dan pindah rumah pun akan semakin menguras energi Anda jika ada anak-anak atau hewan peliharaan yang harus dibawa serta. Dan agar proses pindah rumah bersama anak Anda menjadi lebih mudah, simak delapan tips dari Rumah.com berikut ini.

  1. Sebelum hari H pindahan, komunikasikan kepada si kecil alasan mengapa keluarga harus pindah rumah. Jelaskan kepada mereka seputar lokasi hunian baru dengan membuat peta kecil yang mudah dipahami oleh anak-anak.
  2. Jika memungkinkan, ajak mereka untuk mengunjungi rumah baru dan biarkan mereka melihat penataan ruangan. Minta pendapat mereka mengenai warna cat dinding kamar tidur sebelum pindah rumah.
  3. Kunjungi area sekitar rumah baru beberapa kali sebelum Anda pindah, dan ketahui letak taman atau area bermain di sekitar rumah. Ajak anak-anak bermain di sana agar mereka hafal dengan lokasi hunian dan tidak penasaran dengan lingkungan tempat tinggal barunya.
  4. Berikan anak-anak tanggungjawab untuk mengemas barang-barang penting miliknya ke dalam sebuah kotak atau kardus. Manfaatkan momen ini untuk menjelaskan kepada mereka bahwa ini menjadi saat terakhir si kecil tinggal di kamarnya dan akan segera menempati kamar barunya.
  5. Agar mudah ditemukan, masukan boks atau kardus yang berisi barang-barang si kecil ke mobil truk/bak terbuka belakangan. Dengan demikian ketika sampai di rumah baru, Anda bisa langsung memindahkannya ke kamar tidur si kecil.
  6. Siapkan juga kotak yang menyimpan kebutuhan penting seluruh anggota keluarga untuk malam pertama saat menginap di rumah baru. Isinya antara lain tisu, baju tidur, peralatan mandi, dan handuk. Jadi ketika sampai, Anda bisa menyicil proses penataan barang hingga keesokan harinya.
  7. Jika memungkinkan, Anda bisa meminta bantuan dari teman atau keluarga untuk menjemput si kecil dan diajak menginap ke rumah mereka. Jadi Anda bisa fokus melanjutkan proses pembongkaran dan penataan barang hingga rumah baru siap ditempati.
  8. Buat anak menjadi sibuk dengan ragam kegiatan menyenangkan di rumah baru. Berikan kesan positif dengan mengajak mereka bermain, membuat pesta syukuran, atau memasak kue bersama. Bila sudah merasa nyaman, si kecil akan segera siap menyambut tetangga dengan riang dan berkenalan dengan teman-teman barunya.

Ingin segera pindah ke tempat tinggal baru? Beli dulu rumahnya! Dan untukย hunian dengan DP dan cicilan ringan dengan harga di bawah Rp200 jutaan bisa Anda temukan di sini!

Isnaini Khoirunisa