Sukses

Ma'ruf Amin Memulai Kunjungannya di Palu Hari Ini

Ma'ruf Amin memulai kunjungannya di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (15/6/2019) dengan menghadiri haul ke 51 tahun pendiri Pendidikan Alkhairaat.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin memulai kunjungannya di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (15/6/2019) dengan menghadiri haul ke 51 tahun pendiri Pendidikan Alkhairaat Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri (Guru Tua).

Saat ini, Ma'ruf Amin telah berada di Kota Palu. Ketua Umum MUI Pusat tersebut tiba di Kota Palu, pukul 17.15 Wita Jumat 14 Juni 2019, melalui Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri. Bandara yang namanya diambil dari pendiri Alkhairaat atau Guru Tua.

Hari ini, seluruh murid Abnaulkhairaat dan masyarakat dari berbagai penjuru daerah mengenang kembali Guru Tua dalam masa dan perjuangannya di Sulawesi Tengah dan Kawasan Timur Indonesia.

"Agenda pertama kedatangan ke sini (Palu) untuk menghadiri kegiatan Haul Guru Tua di Alkhairaat, kemudian siangnya habis dzuhur dilakukan peletakan batu pertama Islamic Centre di Sigi," kata Ma'ruf Amin di kediaman Bendahara DPP Nasdem Ahmad M Ali, di Jalan Swadaya Kota Palu, seperti yang dilansir Antara, Sabtu.

Ma'ruf Amin, saat tiba Bandara Mutiara Sis Aljufri, di sambut oleh tokoh-tokoh agama, Alkhairaat, organisasi keagamaan, organisasi masyarakat dan ulama.

Dari bandara, Ma'ruf Amin menuju kediaman Ahmad M Ali. Kemudian, melanjutkan perjalanan menuju hotel tempat ia menginap di Palu, sekaligus menghadiri halalbihalal MUI dan Alkhairaat.

Sabtu pagi, Ma'ruf Amin akan menuju kediaman cucu Guru Tua, Habib Sayyid Saggaf Bin Muhammad Aljufri.

Selanjutnya, mereka bersama-sama menuju lokasi pelaksanaan Haul Guru Tua, di Kompleks Alkhairaat Jalan Sis Aljufri, Palu Barat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihadiri 35 Ribu Orang

Berdasar pantauan, lokasi Haul Guru Tua yang merupakan Kawasan Wisata Religi Kota Palu, telah dipadati oleh masyarakat sejak Jumat pagi.

Ribuan masyarakat secara beramai-ramai dan bergiliran ziarah Makan Guru Tua dan memanjatkan doa. Makam Guru Tua terletak di dalam Kompleks Masjid Alkhairaat.

Jamaah atau Abnaulkhairaat yang hadir di Haul Guru Tua tidak hanya berasal dari Sulawesi Tengah, melainkan dari Ternate, Halmahera, Tidore, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Kendari, Ambon, Papua, Sulawesi Selatan, Jawa, Kalimantan dan Sumatera, serta Jakarta.Selain dari dalam negeri, Abnaulkhairaat dan undangan dari luar negeri juga hadiri pada Haul Guru Tua di Palu.

Pengurus Besar (PB) Alkhairaat memperkirakan sekitar 35 ribu lebih orang akan menghadiri Haul Habib Sayyid Idrus bin Salim Aljufri atau yang sering disebut Guru Tua, di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

"Sekitar 30-an ribu lebih yang akan hadir di haul," ucap Ketua Umum PB Alkhairaat, Habib Ali Bin Muhammad Aljufri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin

Video Terkini