Sukses

KPU: Pembubaran Koalisi Tak Pengaruhi Gugatan Pilpres di MK

Menurut Arief sengketa di MK berlangsung atas gugatan para peserta pemilu. Dia menegaskan koalisi tak turut ambil bagian dalam persidangan yang berlangsung nantinya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua KPU RI Arief Budiman menyebut, wacana pembubaran koalisi antara Indonesia Adil Makmur (BPN 02) dan Indonesia Kerja (TKN 01) adalah hak prerogratif partai pendukung calon presiden.

Menurut Arief, pembubaran koalisi itu tak berdampak pada penyelenggara pemilu maupun para calon presiden dan wakil presiden saat melakukan gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kan mereka (peserta Pemilu) yang diberi legal standing melakukan sengketa di MK, bukan partai bukan koalisi," kata Arief di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin, 10 Juni 2019.

Dia menuturkan sengketa di MK berlangsung atas gugatan para peserta pemilu. Dia menegaskan koalisi tak turut ambil bagian dalam persidangan yang berlangsung nantinya.

"Sengketa atas nama peserta pemilu, kalau pilpres ya calon presidennya. Kalau DPR Pemilihan Legislatif ya partainya," terang Arief.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usulan Kader Demokrat

Wacana pembuabaran koalisi ramai mencuat usai Wasekjen Partai Demokrat Rachlan Nashidik mencuit di akun pribadinya.

Rachland juga meminta Jokowi dan Prabowo membubarkan koalisi untuk menurunkan tensi politik.

"Pemilu sudah usai, gugatan ke MK adalah gugatan pasangan capres, tidak melibatkan partai. Saya usul segera bubarkan koalisi dalam pertemuan resmi yang terakhir karena anda pemimpin koalisi yang mengajak bergabung," kata Rachland dalam cuitannya beberapa waktu lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.