Sukses

Jokowi Sebut JK Bertemu Prabowo Kemarin

Jokowi mengakui, sesudah bertemu JK dan menyampaikan hasilnya akan bertemu Prabowo.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakui Wakil Presiden Jusuf Kalla telah bertemu calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. Namun Jokowi tidak membeberkan apa saja pertemuan yang dibicarakan Jusuf Kalla dan Prabowo.

"Ya kemarin sudah ketemu. Kemarin Pak Wapres, Pak JK sudah ketemu (Pak Prabowo)," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Jokowi menjelaskan, pertemuan tersebut adalah inisiasinya bersama JK. Seharusnya, usai pertemuan tersebut, Jokowi dan JK bertemu namun belum terlaksana.

"Saya belum ketemu Pak JK. Harusnya siang tadi (bertemu JK), tapi ada acara lain, jadi belum ketemu," kata Jokowi.

Dia mengakui, sesudah bertemu JK dan menyampaikan hasilnya akan bertemu Prabowo. Jokowi juga berjanji jika sudah bertemu akan memberitahukan kepada publik.

"Nanti kalau Pak Wapres sudah menyampaikan ke saya, baru saya bicara. Harusnya tadi pagi dengan Pak Wapres, tapi karena beliau ada urusan, saya juga ada. Kalau sudah ketemu nanti saya sampaikan," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Redakan Ketegangan

Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Usman Kansong membenarkan kabar pertemuan antara Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto pada Kamis (23/5/2019) lalu.

"Itu inisiatif Pak JK. Pertemuan itu kita dukung, kita sambut positif demi meredakan ketegangan dan untuk rekonsiliasi," tutur Usman, Jumat (24/5/2019).

Dia menjelaskan, hal ini juga merupakan sinyal baik dari pihak Jokowi untuk membangun hubungan yang cair dengan pihak Prabowo. Menurutnya, soal rencana pertemuan Jokowi dengan Prabowo juga bisa terjadi dalam waktu dekat.

Sebab, Jokowi dikatakannya sudah mengemukakan niat baik untuk bertemu. Namun, hal itu masih merupakan keputusan dari Jokowi sendiri.

"(Jokowi) membuka diri, bekerja sama dengan siapa pun demi kemajuan bangsa. TKN dalam hal ini mengambil posisi mengikuti kebijakan Pak Jokowi," Usman mengakhiri.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.