Jokowi Sebut JK Bertemu Prabowo Kemarin

Oleh Liputan6.com pada 24 Mei 2019, 16:51 WIB
Peluk Hangat Jokowi - Prabowo Akhiri Debat Perdana Pilpres 2019

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakui Wakil Presiden Jusuf Kalla telah bertemu calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. Namun Jokowi tidak membeberkan apa saja pertemuan yang dibicarakan Jusuf Kalla dan Prabowo.

"Ya kemarin sudah ketemu. Kemarin Pak Wapres, Pak JK sudah ketemu (Pak Prabowo)," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Jokowi menjelaskan, pertemuan tersebut adalah inisiasinya bersama JK. Seharusnya, usai pertemuan tersebut, Jokowi dan JK bertemu namun belum terlaksana.

"Saya belum ketemu Pak JK. Harusnya siang tadi (bertemu JK), tapi ada acara lain, jadi belum ketemu," kata Jokowi.

Dia mengakui, sesudah bertemu JK dan menyampaikan hasilnya akan bertemu Prabowo. Jokowi juga berjanji jika sudah bertemu akan memberitahukan kepada publik.

"Nanti kalau Pak Wapres sudah menyampaikan ke saya, baru saya bicara. Harusnya tadi pagi dengan Pak Wapres, tapi karena beliau ada urusan, saya juga ada. Kalau sudah ketemu nanti saya sampaikan," kata Jokowi.

2 of 3

Redakan Ketegangan

Jokowi dan Prabowo Subianto
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto memeluk atlet pencak silat peraih emas Asian Games 2018 Hanifan Yudani di Jakarta, Rabu (29/8). (Liputan6.com/HO/Biro Pers Setpres)

Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Usman Kansong membenarkan kabar pertemuan antara Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto pada Kamis (23/5/2019) lalu.

"Itu inisiatif Pak JK. Pertemuan itu kita dukung, kita sambut positif demi meredakan ketegangan dan untuk rekonsiliasi," tutur Usman, Jumat (24/5/2019).

Dia menjelaskan, hal ini juga merupakan sinyal baik dari pihak Jokowi untuk membangun hubungan yang cair dengan pihak Prabowo. Menurutnya, soal rencana pertemuan Jokowi dengan Prabowo juga bisa terjadi dalam waktu dekat.

Sebab, Jokowi dikatakannya sudah mengemukakan niat baik untuk bertemu. Namun, hal itu masih merupakan keputusan dari Jokowi sendiri.

"(Jokowi) membuka diri, bekerja sama dengan siapa pun demi kemajuan bangsa. TKN dalam hal ini mengambil posisi mengikuti kebijakan Pak Jokowi," Usman mengakhiri.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓