Sukses

Jokowi Deklarasi di Kampung Deret, Prabowo Jumpa Pers di Kertanegara

KPU telah mengumumkan hasil Pilpres 2019 pada Senin dinihari. Pengumuman itu ditanggapi berbeda oleh capres Jokowi dan Prabowo.

Liputan6.com, Jakarta KPU telah mengumumkan hasil Pilpres 2019 pada Selasa dini hari, sekitar pukul 02.00 WIB. Hasil tersebut ditanggapi berbeda oleh capres 01 Joko Widodo atau Jokowi dan capres 02 Prabowo Subianto.

Calon Presiden petahana Jokowi menanggapinya dengan mengunjungi Kampung Deret, Tanah Tinggi, Jakarta Pusat. Dia menyampaikan deklarasi terkait hasil Pilpres 2019, yang membuatnya unggul dari pasangan 02.

"Saya dan Kiai Ma'ruf Amin, mengucapkan terimakasih atas penyelenggaraan pemilu yang berlangsung damai dan penuh kegembiraan," kata Jokowi di Kampung Deret.

Atas kemenangannya di Pilpres 2019 ini, Jokowi dan Ma'ruf Amin berjanji akan menjaga kepercayaan dan amanah rakyat Indonesia.

"Setelah dilantik di bulan Oktober, kami adalah presiden dan wakil presiden seluruh rakyat Indonesia," kata Jokowi.

Jokowi menilai pelaksanaan pemilu yang damai ini mencerminkan kedewasaan rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Prabowo

Sementara pada waktu bersamaan, calon presiden 02 Prabowo Subianto juga menggelar jumpa pers di Kertanegara, Jakarta Selatan. Dia menyatakan akan tetap menolak hasil penghitungan suara yang dilakukan KPU.

"Pihak Paslon 02 juga telah menyampaikan untuk memberi kesempatan kepada KPU untuk memperbaiki seluruh proses sehingga benar-benar mencerminkan hasil pemilu yang jurdil," kata dia.

Namun, hingga saat terakhir, lanjut dia, tidak ada upaya dari KPU untuk memperbaiki proses sesuai dengan apa yang pernah disampaikan pada 14 Mei.

"Pihak 02 akan terus melakukan seluruh upaya hukum sesuai konstitusi dalam rangka membela kedaulatan rakyat yang hak-haknya dirampas," ujar dia.

Prabowo juga menyerukan seluruh komponen relawan pendukung dan simpatisan untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban umum serta melakukan aksi menyampaikan pendapat dengan mengedepankan akhlak yang baik, damai, dan konstitusional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.