Ucapkan Selamat ke Ma'ruf Amin, Zulhas Dinilai PDIP Bisa Melihat Realitas

Oleh Liputan6.com pada 21 Mei 2019, 07:43 WIB
Diperbarui 22 Mei 2019, 22:14 WIB
Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto dan politikus PDIP Djarot Saiful Hidayat

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyambut baik ucapan selamat Ketua MPR sekaligus Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) kepada cawapres 01 Ma'ruf Amin karena menang Pemilu. Ucapan selamat itu disampaikan dalam acara berbuka bersama Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) pada Minggu (19/5/2019) lalu.

"Ya bagus, bahkan kami bertemu saat buka puasa bareng Pak Zulhas, saya juga bilang terima kasih dalam kapasitas Ketua MPR, 'makasih dan selamat kepada Kiai Ma'ruf Amin', itu juga merupakan hal yang positif," kata Hasto di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019).

Kata Hasto, ucapan selamat itu menunjukkan sikap sportif Zulkifli Hasan, yang mampu melihat realitas Joko Widodo terpilih kembali menjadi presiden.

"Tentu saja dialog akan dilakukan terus menerus, dukungan dengan memberikan ucapan selamat itu artinya Zul melihat sebuah realitas demokrasi rakyat terhadap Jokowi-KMA, ini sikap sportif dan baik dan ini harus kita tunjukkan," kata dia.

Namun, untuk kemungkinan PAN bergabung dengan koalisi pendukung pemerintahan Jokowi akan dibicarakan bersama. Keputusan PDIP sendiri ada di tangan Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum.

"Nah persoalan bagaimana koalisi ke depan itu akan dibahas bersama antara presiden dan ketum, kalau di PDIP itu Ibu Megawati," kata Hasto.

2 of 3

Indikasi Sikap Resmi PAN?

Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan menyatakan, ucapan Zulhas itu menunjukkan arah dari sikap PAN usai KPU mengumumkan hasil Pilpres 2019 secara resmi.

"Walaupun (ucapan selamat) itu diberikan secara informal, tapi merupakan indikasi awal atas sikap resmi PAN. Nanti ketika KPU mengumumkan hasil resmi pengumuman presiden dan pemilihan legislatif tanggal 22 (Mei)," kata Bara di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/5/2019).

Bara menuturkan, ucapan itu menandakan PAN akan menerima hasil apapun yang akan umumkan KPU terkait Pilpres 2019. Karena itu, dia berharap pihak yang keberatan atas hasil pemilu bisa menyampaikan melalui mekanisme hukum yang berlaku.

"Jadi yang jelas posisi kami adalah kami akan menghormati hasil yang akan diumumkan KPU itu, apapun hasilnya kami meminta pihak yang tidak puas kalau memang merasa ada kecurangan untuk menempuh jalur konstitusional dan jalur institusional," ungkap dia.

Meski begitu, Bara belum bisa memastikan apakah ucapan tersebut bisa diartikan PAN akan alih dukungan dari kubu Prabowo-Sandi ke Jokowi-Ma'ruf. Hal itu, kata dia akan diputuskan lagi nanti.

"Mengenai langkah selanjutnya dari PAN setelah itu nanti akan kami putuskan," ucapnya.

Zulkifli Hasan menyatakan selamat kepada Ma'ruf Amin saat menghadiri buka puasa bersama Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) di Twin Plaza Slipi. Zulkifli menilai tanda-tanda kemenangan Jokowi-Ma'ruf sudah terlihat.

 

Reporter : Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by