Sukses

Hasil Rekapitulasi KPU: Prabowo Ungguli Jokowi di Sulawesi Selatan

Berdasarkan hasil rekapitulasi, Jokowi-Ma'ruf mendapat 2.117.591suara. Sedangkan Prabowo-Sandiaga meraup 2.809.393 suara.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin kalah di Sulawesi Selatan. Dalam rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara nasional di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul tipis.

Berdasarkan hasil rekapitulasi, Jokowi-Ma'ruf mendapat 2.117.591 suara. Sedangkan Prabowo-Sandiaga meraup 2.809.393 suara. Adapun suara tidak sah sebanyak 98.205 suara.

"Puji syukur, perolehan rekapitulasi Sulawesi Selatan dinyatakan sah," ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Minggu (19/5/2019).

Rapat ini turut dihadiri oleh saksi dari kedua kubu dan partai politik. Ketua Badan Pengawas Pemilu Abhan dan anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin turut hadir.

Setelah rekapitulasi, saksi dari pihak 01 Jokowi-Ma'ruf Amin menerima hasil keputusan tersebut. Pihak 01 pun tidak ada melihat ada kecacatan dalam rekap suara.

"Kami yang bertugas sebagai saksi mengapresiasi baik TNI dan Polri. Ini pemilu terberat dan enggak ada perbedaan serius. Setelah kami perhatikan rekap hasil suara dan saya tidak lihat tidak ada catatan keberatan. Untuk ini saksi 01 menerima laporan tanpa catatan," ungkap salah satu pewakilan saksi pasangan 01.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.