KPU Rampungkan Perhitungan Rekapitulasi Nasional Pilpres di 27 Provinsi

Oleh Mevi Linawati pada 17 Mei 2019, 08:13 WIB

Fokus, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum atau KPU telah merampungkan perhitungan di 27 provinsi. Satu provinsi terakhir yang berhasil diselesaikan penghitungannya yakni Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (17/5/2019), untuk Provinsi Sulawesi Selatan, rekapitulasinya dijadwal ulang pada Jumat hari ini, karena hingga Kamis sore para komisioner KPU Sulawesi Selatan belum tiba di KPU RI di Jakarta.

Untuk Jawa Barat, hasil penghitungannya, pasangan nomor 01 Jokowi-Ma'ruf Amin meraih 40,07 persen suara. Sedang pasangan nomor 02 Prabowo-Sandi meraih 59,93 persen.

Dari sisi letak, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dominan di pulau Jawa, yakni di Jawa Timur dan Jawa Tengah, lalu di Kalimantan, yakni di Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur. Sedangkan pasangan Prabowo-Sandi dominan unggul di pulau Sumatera, yakni Bengkulu, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Aceh.

Masih ada tujuh provinsi lagi yang belum direkapitulasi. Namun, KPU optimis bisa menyelesaikannya tepat waktu lalu mengumumkan hasilnya secara nasional pada 22 Mei 2019 dan jika tidak ada sengketa menetapkan pasangan yang jadi pemenang pada 25 Mei 2019.