Dimulai Hari Ini, Bawaslu Harap Rekapitulasi Pemilu Luar Negeri Cepat Selesai

Oleh Liputan6.com pada 06 Mei 2019, 12:04 WIB
Diperbarui 06 Mei 2019, 12:04 WIB
H-1 Pemilu 2019, Bawaslu Temukan Sejumlah Pelanggaran
Perbesar
Ketua Bawaslu RI Abhan Misbah (tengah) bersama Komisioner Bawaslu, MAfifuddin dan Fritz Edward Siregar memberi keterangan di Jakarta, Selasa (16/4). Keterangan terkait temuan sejumlah pelanggaran Pemilu 2019 dan permasalahan di Malaysia dan Sidney, Australia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Abhan berharap rekapitulasi suara Pemilu 2019 di luar negeri segera selesai. Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak memiliki waktu banyak untuk merampungkan rekapitulasi suara tingkat nasional.

Sementara pada 22 Mei 2019, KPU harus mengumumkan hasil penghitungan suara Pemilu 2019 secara menyeluruh.

"Mudah-mudahan KPU bisa merampungkan sesuai target yang telah ditentukan. Yaitu pada delapan Mei. Kami juga berharap bisa secepatnya selesai," ujar Abhan dalam keterangan tertulis di halaman resmi bawaslu.go.id, Senin (6/4/2019).

Abhan menyambut baik rencana KPU yang akan menggelar rapat pleno rekapitulasi suara pemilu luar negeri mulai hari ini. Rekapitulasi akan berlangsung di ruang sidang lantai 2 dan di tenda halaman parkir gedung KPU.

"Semoga ini memudahkan proses rekapitulasi. Semakin banyak yang bisa diselesaikan," harapnya.

 

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

2 dari 3 halaman

Fokus Rekapitulasi

KPU Gelar Rapat Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019
Perbesar
Ketua KPU RI, Arief Budiman (tengah) memimpin rapat Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019, Jakarta, Minggu (5/5/2019). Rapat dihadiri partai politik, timses Capres/Cawapres dan Bawaslu. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejauh ini, sebanyak 13 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) telah merampungkan penghitungan. Jumlah tersebut masih terbilang sedikit dengan total keseluruhan sebanyak 130 PPLN.

Abhan meminta kepada semua pihak yang hadir dalam pleno untuk tidak membahas hal-hal di luar proses rekapitulasi.

"Seperti menanyakan formulir C1 dan sebagainya. Sebaiknya harus fokus substansi rekapitulasi saja. Jangan melebar kemana-mana," pungkasnya.

 

Reporter: Dewi Larasati

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓