Wiranto: KPU dan Bawaslu Mandiri, Tidak di Bawah Kendali Pemerintah

Oleh Liputan6.com pada 24 Apr 2019, 14:03 WIB
Wiranto Pimpin Kampanye Perdana Jokowi - Amin di Gorontalo

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Wiranto menegaskan, KPU dan Bawaslu bukan di bawah kendali pemerintah. Hal tersebut menjawab isu terkait pemerintah konspirasi dengan KPU dan Bawaslu saat Pemilu 2019. 

"Komisioner KPU dan Bawaslu dipilih oleh DPR RI," kata Wiranto di Kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Rabu (24/4/2019).

Dia menegaskan, KPU bersifat mandiri dan tidak bergabung dalam struktur lembaga negara manapun. KPU-Bawaslu juga memiliki struktur sendiri.

"Dengan demikian tidak berada dibawah kendali pemerintah," ungkap Wiranto.

Wiranto juga menegaskan pemerintah tidak ada niat untuk intervensi kinerja KPU dan Bawaslu. Apalagi kata dia membangun konspirasi kecurangan secara terstruktur, sistematis dan masif guna mengenakan pasangan calon. Dia pun menegaskan sebagai Menko akan berperan aktif jika ada konspirasi.

"Namun pada kenyataannya saya harus menyatakan bahwa tuduhan konspirasi antara Pemerintah dan KPU/Bawaslu untuk melakukan kecurangan secara terstruktur, sistematis dan massif dalam Pemilu 2019 tidak benar, sekali laqi tidak pernah terjadi," kata Wiranto.

Sebab itu, Wiranto berharap masyarakat jangan percaya terhadap kabar hoaks yang menyesatkan. Apalagi kata dia terhasut untuk melakukan gerakan-gerakan.

"Hal tersebut akan mengganggu kedamaian dan keamanan nasional," ungkap Wiranto.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

2 of 2

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓