Sukses

Terungkap, Ini Sumber Prabowo Klaim Menang Pilpres 62 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengklaim telah menang dan laik dinobatkan menjadi Presiden Indonesia 2019-2024. Dia mengaku, tim internal Badan Pemenangan Nasional (BPN) telah mencatatkan kemenangan sebesar 62 persen.

Perlahan sumber internal yang digunakan Prabowo sebagai dasar klaim kemenangan terungkap. Adalah Ruang Sandi, salah satu divisi relawan yang mengaku memiliki data valid angka 62 persen itu.

Dimas, Koordinator Nasional Ruang Sandi mengungkap pihaknya telah bekerja secara simultan dan mendapat form C1 di 20 ribu tempat pemungutan suara (TPS).

"Ya salah satunya dari kami, tapi pasti BPN punya tim internal lain yang lebih kaya sumber dayanya, kalau kami terbatas," kata dia di Media Center Prabowo-Sandiaga, Sriwijaya, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2019).

Sebanyak 20 ribu data masuk, lajut Dimas, diterima dari foto C1 via WhatsApp Kontak Center Ruang Sandi. Saat ini, sudah 13 ribu data disortir dan terverifikasi yang telah ditabulasi dan diolah datanya.

Ruang Sandi, salah satu divisi relawan yang mengaku memiliki data valid angka 62 persen itu. (Liputan6.com/Radityo Priyasmoro)

"Kalau fotonya ngeblur, tidak jelas nomor TPS, nama kecamatan, kami tidak terima. Tidak ada tanda tangan KPPS lengkap kami juga tak terima," tegas Dimas.

Dimas mengklaim, meski berdiri sebagai badan relawan 02, Ruang Sandi tetap berimbang. Seluruh data yang masuk secara acak, dan bukan dari kantong suara pemenanan Prabowo-Sandi.

"Kami terima data dari masyarakat datanya se-Indonesia, tidak ada sampel dari kantong suara mana pun karena datanya random, banyak data yang masuk 01 menang kita masukin juga, kita terima kita tampilkan," jelas Dimas.

Sebagai informasi data Ruang Sandi setiap harinya masuk hingga pukul 11 malam. Data masuk tersebut diolah dan ditampilkan versi terbarukan pukul 10 pagi setiap harinya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sumber Lain Kemenangan Prabowo-Sandi

Situs AyoJagaTPS adalah sebuah gerakan sukarela dilakukan masyarakat mandiri. James Falahuddin, penggagas situs tersebut lalu mengumumkan, bahwa apa yang terpajang di situsnya adalah valid. Pihaknya mengklaim, semua data sudah melalui proses verifikasi ketat, dengan registrasi data diri yang komplit dan bisa dibuktikan.

"Kita juga minta foto KTP mereka, kita pastikan sumber dari TPS dia mencoblos,” kata James saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (20/4/2019).

Karenanya, James yakin data suara pasangan nomor urut 02 Prabowo-Subianto yang menunjukkan perolehan sementara 62 persen, adalah nyata.

James mengatakan, saat ini data yang masuk dan sudah disiarkan, artinya verified sudah sekitar 6,5 juta suara. Hasil ini didapat dari 31 ribu TPS di seluruh Indonesia.

"Sisanya kita masih verifikasi, kita update sehari dua kali,” ujar James.

Saat dilihat Tim Liputan6.com, Sabtu (20/4/2019), pukul 15.14 WIB, jumlah suara yang masuk dari hasil input C1 plano via aplikasi AyoJagaTPS, baru 5.261.931 juta, dari total 25.689 TPS.

Hasilnya Jokowi-Ma’ruf mendapat alokasi suara 1.960.009 atau 37,25 persen. Sedangkan Prabowo-Sandiaga 3.301.922 atau 62,75 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.