Sukses

Pengamat: Jurus Tokoh NU Ampuh Dongkrak Suara Jokowi-Ma'ruf di Jatim

Acara Ngaji Kebangsaan dinilai terbukti ampuh membuat suara warga Nahdlatul Ulama (NU) bulat memenangkan pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin di Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Acara Ngaji Kebangsaan dinilai terbukti ampuh membuat suara warga Nahdlatul Ulama (NU) bulat memenangkan pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi dan  Ma'ruf Amin di Jawa Timur pada Pilpres 2019.

Pengamat politik Ujang Komaruddin mengatakan, tokoh dari NU seperti Saifulah Yusuf atau Gus Ipul, Khofifah Indar Prawansa, dan Mahfud MD berhasil mengonsolidasikan warga Nahdliyin lewat bahasa yang identik dengan mereka, yakni Ngaji Kebangsaan.

"Kalau mau dekati suatu kaum maka harus paham bahasa kaum itu. Jawa Timur kan mayoritas NU semua. Jadi ngaji itu bahasa yang identik dengan nahdliyin. Terbukti Jokowi-Ma'ruf jadi menang besar, di Jatim," kata Ujang, di Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Selain itu, menurut Ujang, nahdliyin  terbukti patuh dengan tokoh-tokoh atau elite NU untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. Nahdliyin disebut sudah sadar bahwa Jawa Timur adalah basis NU dan wajib memenangkan calon yang dijagokan oleh organisasi bentukan KH Hasyim Asy'ari tersebut.

"Ini poin penting untuk tokoh NU di Jatim seperti Mahfud MD, Khofifah, dan Gus Ipul, dan juga Gusdurian," kata Ujang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Gus Ipul

Sebelumnya, Ketua PBNU Jatim Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengatakan, ada tiga hal yang membuat Jokowi menang di wilayahnya. Pertama, kemenangan Jokowi di Jatim tak lepas dari kinerjanya selama 4,5 tahun memimpin Indonesia.

Kedua, Gus Ipul menilai kemenangan Jokowi di Jawa Timur tak lepas dari suara warga NU yang solid mendukungnya. "NU Solid, karena pemersatunya Kiai Ma'ruf," tutur Gus Ipul.

Sementara faktor ketiga kemenangan Jokowi tak lepas dari andil tokoh lokal di Jawa Timur. "Ini juga karena kinerja tokoh lokal, siapa saja? banyak tokoh lokal, tapi tidak bisa saya sebutkan satu persatu," kata Gus Ipul.

Data quick count atau hitung cepat yang dilakukan lembaga survei Indo Barometer hingga Kamis pukul 12.35 WIB tadi sudah mencapai 99,67 persen. Hasilnya pasangan Jokowi-Ma'ruf menang besar di Jawa Timur dengan suara 69,72 persen sementara Prabowo-Sandi memperoleh suara 30,28 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.