Jokowi-Ma'ruf Amin Raih 77,63 Persen di Serbia dan Montenegro

Oleh Liputan6.com pada 18 Apr 2019, 13:16 WIB
Diperbarui 19 Apr 2019, 14:16 WIB
Unggul Versi Hitung Cepat, Ini Tanggapan Jokowi - Ma'ruf

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin meraih 77,63 persen atau 59 suara dari 76 surat suara sah di Serbia dan Montenegro. 

Sementara itu, pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno memperoleh 19 suara atau 22,37 persen suara berdasarkan keterangan dari KBRI Beograd yang diterima Antara di Jakarta, Kamis (18/4/2019). 

Penghitungan suara dilaksanakan di Sport Hall KBRI Beograd (TPSLN Beograd) dimulai pukul 12.30 CET. Terdapat total 76 surat suara sah yang dicoblos WNI di Serbia dan di Montenegro.

Sedangkan untuk DPR, PDI Perjuangan memimpin perolehan suara dengan angka 31,94 persen. Sedangkan urutan kedua diduduki Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan perolehan 22,22 persen suara.

Acara penghitungan suara dihadiri oleh Dubes RI untuk Serbia merangkap Montenegro, Mochammad Chandra Widya Yudha, seluruh Staf KBRI serta para WNI yang berdomisili di Beograd, Serbia,.

Penghitungan suara di Beograd dan di perwakilan-perwakilan RI lainnya di luar negeri bersamaan waktunya dengan pelaksanaan pemilu secara nasional di Tanah Air.

 

2 dari 3 halaman

Metode Pemungutan Suara di Beograd

Unggul Versi Hitung Cepat, Ini Tanggapan Jokowi - Ma'ruf
Capres 01 Joko Widodo bersalaman dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (17/4). Meskipun Jokowi-Ma'ruf unggul dalam hitungan cepat namun Jokowi meminta pendukungnya tetap menunggu penghitungan resmi KPU atas hasil perolehan suara Pilpres 2019. (Liputan6.com/An

Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu serentak 2019 untuk wilayah kerja Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Beograd dilaksanakan melalui tiga metode, yakini TPS, kotak suara keliling (KSK) dan pos.

Tingkat partisipasi WNI di Serbia dan di Montenegro yang masuk dalam DPT pada pemilu serentak kali ini mencapai 99,5 persen. Sementara, sisa surat suara dinyatakan habis untuk memfasilitasi pemilih Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) pada pemungutan suara di TPSLN Beograd, pada 14 April.

 

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓