Sukses

Prabowo Sebut Unggul di Situs Resmi, KPU: 1 Persen Saja Belum

Viryan menegaskan, hasil yang tertera saat ini belum mencerminkan hasil final.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan proses penghitungan suara di situs resmi atau situs pemilu2019.kpu.go.id belum final. Hingga pukul 23.00 WIB, suara yang masuk baru 0,02225 persen.

Situs resmi Pemilu 2019 itu mencatat keunggulan 55,27 persen sementara Prabowo Subianto-Sandiaga, sementara Joko Widodo-Ma'ruf Amin 44,73 persen.

"Kalau misalnya berkembang screenshot salah satu paslon, itu yang penting itu belum hasil final. Bahkan 1 persen saja belum," kata Viryan di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Viryan menegaskan, hasil yang tertera saat ini belum mencerminkan hasil final. Sebab, hingga saat ini suara yang masuk masih kurang dari 1 persen dari total 813.350 TPS yang ada di Indonesia.

Ditemui terpisah, Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menyebut penghitungan suara akan terus berlanjut.

Pram menyampaikan urutan hitung, yakni setelah form C1 selesai dicatat, petugas TPS akan membuat beberapa salinan. Salah satu salinan dibawa ke Kantor KPU kota/kabupaten untuk dipindai, lalu dikirim ke pusat untuk ditayangkan dalam situs resmi.

"Situs itu kan berbasis C1 yang di-scan. Dan itu harus menunggu proses penghitungan suara di TPS selesai," ujarnya.

KPU kembali menegaskan data penghitungan suara di situs pemilu2019.kpu.go.id resmi dari KPU. Namun, KPU tak akan menetapkan hasil Pemilu 2019 akhir dari hasil di situs tersebut.

KPU akan menetapkan hasil pemilu dari penghitungan suara secara fisik atau manual. Mereka akan merekapitulasi surat suara dari tingkat TPS hingga tingkat nasional pada rentang 17 April-22 Mei 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.