Sukses

Kubu Prabowo Klaim Menang Versi Exit Poll, PDIP: Kami Tak Khawatir

Hasto meminta publik lebih percaya quick count yang dikeluarkan oleh lembaga survei yang kredibel.

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengaku tak khawatir dengan klaim sepihak dari kubu Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno yang mengaku menjadi pemenang Pilpres. 

Menurutnya, klaim tersebut juga pernah terjadi pada Pemilu 2014 lalu.

"Kami tidak khawatir karena 2014 pun dulu juga terjadi. Bahkan sampai ada lembaga-lembaga survei yang kemudian mendapatkan sebuah sanksi karena ketidakmampuan mempertanggungjawabkan metodologi itu," ujar Hasto di kediaman Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Kebagusan, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Hasto meminta publik lebih percaya quick count yang dikeluarkan oleh lembaga survei yang kredibel. Lebih dari itu, publik juga diminta hanya berpatokan pada hasil penghitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara manual. 

"Karena itu, sejak awal kami mengedepankan bahwa semangat persatuan persaudaraan jauh lebih penting. Dari lembaga-lembaga independen, termasuk yang kami lakukan secara internal sekalipun, itu menunjukkan bahwa rakyat memberikan dukungan bagi Pak Jokowi dengan angka dan selisih yang cukup jauh dengan Pak Prabowo dan Pak Sandi," tutur dia. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini : 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Saling Klaim

Karena itu, Hasto meminta tidak ada saling klaim terkait hasil survei 2019. Sebab, penghitungan yang sah adalah yang dilakukan oleh KPU secara manual. 

"Sebaiknya kita tidak saling klaim, karena nanti KPU yang memiliki kewenangan untuk mengambil sebuah keputusan politik berdasarkan rekapitulasi manual," katanya menandaskan. 

Sebelumnya, BPN mengklaim Prabowo-Sandi unggul 55,4 persen dari Jokowi-Ma'ruf sebesar 42,8 persen. Hal itu didasarkan pada hasil exit poll atau survei pascapencoblosan yang dilakukan internal BPN Prabowo-Sandi. 

 

 * Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.