Sukses

Aksi Pamer Jari Ungu Capres Cawapres di Pemilu 2019

Jokowi mengaku lega setelah mencoblos.Bersama Iriana, keduanya kompak memamerkan jari kelingkingnya yang sudah terbalut tinta ungu.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilu 2019 digelar serentak hari ini, Rabu (17/4/2019). Seluruh warga yanng mempunyai hak pilih memberikan suaranya di TPS-TPS yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Tanpa terkecuali pasangan capres cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga.

Capres petahana Jokowi misalnya. Sekitar pukul 09.30 WIB, capres nomor urut 01 itu datang dari Istana Kepresidenan Bogor untuk mencoblos di TPS 08, halaman Kantor Lembaga Administrasi Negara, Gambir, Jakarta Pusat.

Bersama Ibu Negara Iriana, pengawalan ketat diberikan aparat serta TNI kala mobil kepresidenan keluar di pintu 3 Kebun Raya Bogor.

Sementara itu, cawapres Ma'ruf Amin bersama istrinya Wury Estu Handayani menggunakan hak suaranya di TPS 051 Koja, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Senada dengan Jokowi, Ma'ruf pun mengenakan pakaian serba putih.

"Sudah sejak awal kita bilang, berharap supaya datang ke TPS dengan serba putih. Kita putihkan TPS sejak awal," kata Ma'ruf di lokasi.

Lain halnya dengan pasangan Prabowo dan Sandi. Dalam balutan serba putih, Sandiada dan istrinya Noor Asiah Aziz mencoblis di TPS 002 Selong, Kebayoran Baru, Jakarta.

Cawapres itu mendapat urutan 193, sedangkan istrinya nomor 192. Tidak hanya Sandi, Prabowo pun juga mendapat teriakan histeris saat mencoblos di TPS 041, Babakan Madang, Bogor.

Bersama Fadli Zon, keduanya pun kompak mengenakan kemeja putih.

Lantas, seperti apa aksi para pasangan capres cawapres usai jari kelingking mereka dilumuri tinta ungu:

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jokowi

Jokowi dan Iriana tiba di TPS Veteran, Gambir, pukul 10.16 WIB. Usai menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019, keduanya kompak memaerkan jari kelingkingnya yang sudah terbalut tinta ungu.

Jokowi mengaku lega setelah mencoblos.

"Plooooong....," ucap Jokowi di lokasi.

Jokowi dan Iriana menggunakan hak pilihnya di TPS 008 Jalan Veteran Raya Kecamatan Gambir Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2019). Merdeka tiba di TPS pukul 10.16 WIB dengan mengenakan kemeja bewarna putih.

Berdasarkan DPT yang terpasang di TPS 008 Gambir, Jokowi dan Iriana masing-masing mendapat nomor urut 154 dan 155. Sementara itu, total 198 pemilih yang terdaftar di TPS ini.

Sebelum berangkat ke TPS, Jokowi menuturkan dirinya sempat bermain dengan keduanya cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan Sedah Mirah Nasution.

Jokowi enggan membocorkan agendanya setelah pencoblosan. Kepada wartawan, dia mengaku akan makan bersama Iriana.

"Setelah ini makan, makan sama bu Jokowi," ujarnya. 

3 dari 5 halaman

Ma'ruf Amin

Ma'ruf dan sang istri juga tak mau ketinggalan. Di TPS 051, Koja, Jakarta Utara, Mustasyar Pengurus Besar Nadhatul Ulama (PBNU) ini memperoleh nomor urut 128, sementara istrinya sendiri memperoleh nomor urut 286.

Sekitar 10 menit, Ma'ruf menghabiskan waktunya di bilik suara. Kemudian secara serempak keduanya menunjukkan kertas suara.

Tak lama, Ma'ruf Amin pun langsung mencelupkan jempol tangannya ke tinta. Kemudian, Ma'ruf dan sang istri bersama-sama memamerkan jempolnya.

"Insyaallah 90 persen (menang di TPS-nya)," kata Ma'ruf.

 

4 dari 5 halaman

Sandiaga

Didampingi istri, Nur Asiah Uno, tiga serta kedua orang tuanya, Henk Uno dan Mien Uno, Sandiaga menggunakan hak pilihnya di TPS 002, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dia tiba di TPS sekitar pukul 07.45.

Usai mencoblos, Sandiaga mengaku plong telah menggunakan hak pilihnya. "Plong. Plong banget," ujar Sandiaga, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Ada yang berbeda saat Sandi dan istrinya usai mencoblos di bilik suara. Tidak seperti Jokowi dan Ma'ruf Amin, Sandi memamerkan jari telunjuk dan jempol yang sudah dicelupkan ke dalam tinta.

Tak lupa dia mengucapkan terima kasih andiaga kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah menjalankan pesta demokrasi dengan santun sebagai tanda kedewasaan dalam berdemokrasi.

"Luar biasa Indonesia kita ini, Indonesia yang hebat. Kita menunjukkan demokrasi kita yang sejuk, santun. Jika pelaksanaan seperti di TPS 002 di seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri, saya semakin yakin bahwa kita menunjukkan sebagai bangsa yang maju, bangsa yang bermartabat, bangsa yang berdemokrasi sangat dewasa," jelasnya.

5 dari 5 halaman

Prabowo

Pamer telunjuk dan jempol yang telah berlumuran tinta juga dipamerkan Prabowo usai mencoblos di TPS 041 Kampung Curug RT/RW 02/09, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Pukul 08.18 WIB, Prabowo dan Fadli Zon masuk ke bilik suara untuk menggunakan suaranya. Saat mencoblos, Prabowo ditemani Wakil Ketua Umum Partai gerindra Fadli Zon.

Kehebohan mantan Danjen Kopassus ini usai mencoblos juga berhasil diabadikan lewat beberapa foto-foto yang diabadikan para awak media. Setelah menyapa warga sekitar dengan berjalan kaki, capres nomor urut 02 ini melanjutkan sapaannya lewat sunroof mobil berwarna putih sambil menujukkan jarinya.

Sebelum mencoblos, Prabowo sempat berbincang dengan awak media. Dia mengaku optimistis akan menang dalam Pilpres 2019 ini.

"Optimis," kata dia.

Prabowo kemudian justru bertanya ke wartawan, "Pada enggak nyoblos?," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.