Polisi Jaga Ketat Pemungutan Suara di 10 TPS Kawasan Bandara Soetta,

Oleh Pramita Tristiawati pada 16 Apr 2019, 12:25 WIB
Diperbarui 17 Apr 2019, 18:14 WIB
Pekan Terakhir Jelang Lebaran, Bandara Soetta Mulai Dipadati Pemudik

Liputan6.com, Tangerang - Sejumlah personel Polres Bandara Internasional Soekarno Hatta diterjunkan untuk mengamankan seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kawasan bandara.

Sebab, nantinya akan ada 10 titik TPS di bandara terpadat di Indonesia tersebut pada Pemilu tanggal 17 April 2019 mendatang.

Wakapolresta Bandara Soekarno-Hatta, AKBP Siwi Erma Andriani, selain memang ada 10 TPS yang tersebar, pengetatan pengamanan dilakukan lantaran Bandara Soetta adalah objek vital.

"Karena itu, kami menempatkan dua personel ditambah petugas dan Linmas yang dilibatkan di setiap TPS. Kami juga menyiapkan personel di luar TPS agar proses penerbangan juga dapat berjalan lancar," ujar Siwi, Selasa (16/4/2019).

Dia juga menjelaskan, sebanyak 727 personel Polresta Bandara Soekarno-Hatta akan menjaga ketat titik-titik TPS yang tersebar di Bandara Soekarno-Hatta.

Lebih rinci, dari 727 anggota, 407 personel diambil dari Polresta Bandara Soekarno-Hatta dan 320 personel dari Polda Metro Jaya. Angka tersebut, kata Siwi, belum ditambah personel dari TNI.

Sistem pengamanan yang dilakukan pun, pengamanan melekat disetiap TPS yang tersebar dan patroli rutin, sebelum, saat pencoblosan dan sesudahnya.

 

2 of 3

TPS Ada di Tiap Terminal

Sebelumnya, Kepala Divisi Data KPU Kota Tangerang, Ahmad Subhan mengatakan, 10 TPS tersebut akan hadir di tiap terminal di Bandara Soekarno-Hatta.

"Untuk titik-titik pastinya kita belum terkonfirmasi, tapi untuk lokasi sudah pasti," jelas Subhan.

Dari data yang didapatkan, ke-10 TPS tersebut berada di Garuda Maintenance Facility (GMF) sebanyak lima TPS, dua TPS di Terminal 1, lalu satu TPS di Terminal 2, dan satu TPS di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Terakhir, satu TPS berada di area kargo Bandara Soekarno-Hatta.

"Untuk KPPS-nya sendiri itu ada 90 orang yang tersebar di 10 TPS Bandara Soekarno-Hatta," terang Subhan. 

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓