Karaoke Dangdut Meriahkan Pemungutan Suara di Houston, Amerika Serikat

Oleh Ika Defianti pada 14 Apr 2019, 16:09 WIB
Diperbarui 14 Apr 2019, 16:09 WIB
pemilu-ilustrasi-131024c.jpg
Perbesar
Ilustrasi pemilih surat suara.

Liputan6.com, Jakarta - Suasana pemungutan suara Pemilu 2019 juga terasa di Houston, Texas, Amerika Serikat. Ratusan warga Indonesia datang dan menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) di Gedung Kantor Konsulat Jenderal RI di Houston, Sabtu 13 April 2019.

Konsul Jenderal (Konjen) RI di Houston Nana Yuliana, menyebut pelaksaan Pemilu 2019 ini sedikit berbeda dengan pesta demokrasi sebelumnya. Untuk mengobati kerinduan akan Indonesia KJRI Houston membuka panggung hiburan dengan menampilkan berbagai tarian tradisional dan karaoke dangdut.

"Dangdut dan spring market ini kita adakan karena Pemilu bukan hanya pesta demokrasi melainkan juga pesta rakyat, dengan nuansa persatuan dan kesatuan. Kami berharap agar tahun ini jumlah pemilih lebih banyak dari Pemilu sebelumnya," kata Nana seperti dikutip di Antara, Minggu (14/4/2019).

Dia menjelaskan adanya peningkatan pemilih di Houston bila dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya. Pada 2009, sebanyak 214 WNI mendatangi TPS. Jumlah itu meningkat menjadi 747 orang pada Pemilu 2014. Sedangkan pada Pemilu saat ini, 825 orang telah menggunakan hak pilihnya.

Pemilih pun, kata dia, tidak hanya datang dari Houston saja. Namun ada dari beberapa kota, yaitu dari Austin, San Antonio, Dallas, dan kota-kota lain di Texas yang berjarak sekitar 3-5 jam dari KJRI Houston.

"Selain menyediakan tempat pemungutan suara, KJRI Houston juga menggelar bazar Indonesia Spring Market 2019 yang diisi oleh lebih dari 40 stan," ucap Nana.

 

2 dari 2 halaman

Masyarakat Lokal Ikut Datang

Nana menyebut, berbagai suvenir, pakaian, dan jajanan khas Indonesia ditawarkan di bazar yang dihadiri oleh pengunjung baik masyarakat Indonesia maupun masyarakat lokal Amerika Serikat.

KJRI Houston memiliki wilayah kerja di 12 negara bagian Amerika Serikat, dari New Mexico hingga Florida, juga US Virgin Islands dan Puerto Rico. Dalam catatan KJRI, terdapat setidaknya 20.748 WNI di wilayah kerja KJRI, dan 6.067 orang di antaranya memiliki hak pilih.

Lanjutkan Membaca ↓