Live Report Debat Pamungkas Pilpres 2019 Jokowi-Ma'ruf Vs Prabowo-Sandi

Oleh Yopi MakdoriAdy AnugrahadiLizsa EgehamRaden Trimutia Hatta pada 13 Apr 2019, 23:01 WIB
Banner Infografis Debat Pamungkas Jokowi-Ma'ruf Vs Prabowo-Sandiaga

Liputan6.com, Jakarta - Debat kelima Pilpres 2019 akan mengangkat tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri. Debat pamungkas yang menghadirkan pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dihelat di Hotel Sultan, Jakarta.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, akan ada doa bersama usai perhelatan Debat Kelima Pilpres 2019. Hal itu dilakukan sebagai penutup rangkaian kampanye sekaligus menandai masa tenang sebelum hari pencoblosan pada 17 April.

Nantinya, doa bersama usai Debat Kelima Pilpres 2019 ini dipimpin oleh tokoh ulama muslim, diikuti para tokoh agama lain. Momen itu diharapkan menjadi pesan moral sekaligus kontemplasi atau perenungan bagi seluruh masyarakat bahwa masa kampanye telah berakhir dan saatnya memantapkan pilihan.

Ikuti jalannya debat pamungkas Pilpres 2019 ini pada Sabtu 13 April mulai pukul 18.30 WIB dalam Live Report yang dirangkum Liputan6.com. Saksikan juga jalannya debat dalam live streaming di laman ini.

22.56 WIB

Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno beradu gagasan selama Debat Pilpres 2019 kelima di Jakarta, Sabtu (13/4). Debat kelima merupakan debat terakhir dalam masa kampanye dan mengambil tema Ekonomi, Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dalam penutup debat kelima Pilpres 2019, calon wakil presiden Sandiaga Uno menegaskan tidak akan mengambil gaji jika dirinya dan Prabowo Subianto terpilih.

"Kami berkomitmen Berdua untuk tidak mengambil gaji serupiah pun, jika kami mendapatkan amanah ini. Kami akan memberikannya kepada negara, kaum dhuafa," ucap Sandiaga dalam arena debat, di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Dia juga mengajak masyarakat untuk TPS yang disingkatnya Tusuk Prabowo-Sandi. Menurutnya, jika memilih paslon 02, maka cari pekerjaan akan mudah, guru honorer naik gajinya, sampai akan hadir PKH Plus akan dibuat.

"Rabu 17 April mari kita ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) untuk tusuk Prabowo-Sandi, terima kasih. Your turn bro," kata Sandiaga yang langsung melemparnya ke Prabowo.

Sementara itu, dalam menutup debatnya, Prabowo menyinggung Undang-Undang Desa diusulkan oleh dirinya.

"Hanya untuk keterangan bahwa UU Desa itu sudah ada sebelum bapak jadi Presiden. Dan salah satu inisiatornya saya sendiri, sebagai Ketua Umum HKTI," ungkap Prabowo.

22.52 WIB

Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan Cawapres Ma'ruf Amin beradu gagasan selama Debat Pilpres 2019 kelima di Jakarta, Sabtu (13/4). Debat kelima merupakan debat terakhir dalam masa kampanye dan mengambil tema Ekonomi, Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyampaikan pernyataan penutupnya dalam debat Pilpres kelima di Hotel Sultan, Senayan, Sabtu (13/4/2019). Dalam pernyataan penutupnya, Ma'ruf Amin mengatakan bersama Jokowi, dia akan terus melakukan pembangunan yang dilakukan pemerintah saat ini. 

"Jokowi-JK telah banyak melakukan perubahan, membangun  infrastruktur, membangun kebijakan dalan investasi, membangun sistem jaminan sosial," ucap Ma'ruf Amin.

Namun demikian, Ma'ruf Amin mengatakan, pekerjaan tersebut belum selesai, dia bersama Jokowi akan melanjutkan pekerjaan tersebut bila kembali mendapat mandat dari rakyat. 

"Pekerjaan memang belum selesai, kami Jokowi-Ma"ruf akan meneruskan upaya itu untuk mewujudkan Indonesia maju," kata dia.

Sementara itu, capres petahana Jokowi meminta masyarakat bersyukur dengan capaian yang telah dilakukan pemerintah saat ini. "Kita wajib bersyukur, jangan kita kufur nikmat. Inflasi yang terjaga, infalasi pangan yang rendah, kemiskinan yang satu digit, ini harus disyukuri." 

"Ini harus disyukuri, harus kita hadapi, bukan kesulitan yang buat kita takut. Tapi ketakutakan lah yang membuat kita  jadi sulit. Jadi jangan pesimis, jangan menyerah," imbuh Jokowi.

22.28 WIB

Capres nomor urut 01 Joko Widodo saat beradu gagasan selama Debat Pilpres 2019 kelima di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4). Debat kelima merupakan debat terakhir dalam masa kampanye dan mengambil tema Ekonomi, Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Capres nomor urut 01 Jokowi mengatakan, pemerintah saat ini harus cepat tanggap dan responsif terhadap perubahan global yang terjadi saat ini. Hal itu disampaikan Jokowi menanggapi penjelasan Prabowo Subianto tentang strategi pengembangan e-Sport dan Mobile Legend.

"Perubahan global yang terjadi saat ini, seperti artificial intelligence (AI), internet of things, virtual reality, dan bitcoin. Ini juga sama, ini sebuah profesi yang anak muda menyenangi," ujar Jokowi.

Oleh sebab itu, lanjutnya, pemerintah akan membangun infrastruktur digital. "Cara lainnya, membangun ekosistem yang sama bagi mereka untuk bisa berusaha membuat game. Ini peluang yang besar bagi industri game di Indonesia," jelas Jokowi.

Fokus pada sektor ini menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu sangat menjanjikan. "Ekonomi ini bertumbuh sangat besar, Rp 11-12 triliun pertumbuhannya per tahun," jelas Jokowi.

22.16 WIB

Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berbincang saat mengikuti Debat Pilpres 2019 kelima di Jakarta, Sabtu (13/4). Debat kelima merupakan debat terakhir yang mengambil tema Ekonomi, Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Calon Wakil Presiden 02 Sandiaga Uno menjawab pertanyaan Calon Presiden 01 Jokowi terkait upaya pengembangan ekonomi digital electronic sport atau e-sport lewat game salah satunya Mobile Legend. Menurut dia, anak muda bangsa yang disebutnya sebagai generasi POP sangat mampu menguasai pasar dunia lewat e-sport.

"Milenial kita ini hebat-hebat sekali. Mereka menanamkan sikap yang optimis sekali. Mereka yang saya sebut Generasi POP. Produktif, optimis, dan Positif," tutur Sandiaga.

Mereka harus mendapatkan wadah dan fasilitas dari pemerintah. Sebab itu, lewat program yang disiapkan yakni 'Rumah Siap Kerja', mereka dapat maksimal menjadi juara yang membanggakan negara dan bahkan menciptakan wadah e-sport yang digandrungi dalam skala internasional. 

2 of 4

21.51 WIB

Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan Cawapres Ma'ruf Amin menunjukkan kartu andalan saat Debat Pilpres 2019 kelima di Jakarta, Sabtu (13/4). Debat kelima merupakan debat terakhir dalam masa kampanye dan mengambil tema Ekonomi, Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan, pihaknya berusaha agar perempuan tidak hanya terlibat aktif di bidang ekonomi politik tapi juga pemerintahan. Pihaknya sudah melakukan sejumlah pemberdayaan perempuan kredit usaha mikro, bank wakaf di pesantren-pesantren yang ada di Indonesia.

Dengan cara ini, ibu-ibu banyak yang tertolong. Pihaknya akan terus membangun dan mengembangkan program Dewi Dedi untuk merealisasi target tersebut. "Dewi itu desa wisata, Dedi itu desa digital," jelas Ma'ruf Amin.

Sementara itu, Jokowi memaparkan sejumlah program untuk meningkatkan partisipasi perempuan sehingga berkontribusi terhadap perekonomian. Jokowi menuturkan, selama empat tahun ini ada progam membina ekonomi keluarga sejahtera (Mekaar) yang membantu kaum perempuan yang tidak memiliki modal untuk membuka dan mengembangkan usahanya.

Saat ini nasabah Mekaar sudah mencapai 4,2 juta nasabah. Pihaknya menargetkan jumlah nasabah mencapai 10 juta nasabah. Jokowi menuturkan, ada pendampingan juga terhadap nasabah yang sudah berjalan empat tahun ini. Adapun pinjaman yang diberikan sekitar Rp 2 juta-Rp 3 juta. "Kalau lebih dari Rp 10 juta ini untuk KUR dengan bunga 7 persen," ujar dia.

Selain itu, ada juga program pembiayaan ultra mikro (UMi) untuk membantu ekonomi masyarakat.

Ma'ruf Amin menambahkan, saat ini ada kredit usaha mikro dan bank wakaf mikro di pesantren untuk membantu masyarakat terutama perempuan. Ini diharapkan dapat membantu ekonomi dan memberdayakan perempuan. 

21.44 WIB

Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memberikan visi misi selama Debat Pilpres 2019 kelima di Jakarta, Sabtu (13/4). Debat kelima mengambil tema Ekonomi, Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno membeberkan langkah-langkah pemberdayaan ekonomi masyarakat. Menurut dia, kunci kesejahteraan adalah memberikan kesempatan kepada masyarakat.

Dia membeberkan langkah-langkah pemberdayaan perempuan yang akan dijalaninya bersama Prabowo jika menang dalam Pilpres 2019. Langkah-langkah tersebut tersusun dalam tujuh tahapan.

Pertama, kata Sandiaga, mendata atau mendaftar perempuan hebat yang menjadi tulang punggung keluarga. Setelah itu, mereka akan diberikan pelatihan secara berjenjang. "Ketiga ikat dengan pendampingan. Sebab 80 persen mereka yang terjun tidak memiliki pendampingan," ujar Sandiaga.

Selain itu, pihaknya juga akan membantu dalam proses perizinan usaha. Dan pemasaran barang akan menjadi perhatian pasangan 02 tersebut. "Packaging, dan membantu dalam hal administrasi keuangan agar melek dalam menghitung cashflow dan sebagainya," ujar Sandiaga.

Dan terakhir, dia akan memberikan akses permodalan. Dia yakin modal tersebut akan dikembalikan oleh mereka yang meminjam. "Perempuan hebat, luar biasa kalau dipinjamkan uang, 99 persen uangnya balik," ucap Sandiaga.

20.37 WIB

Calon Presiden nomor urut 01 Jokowi dalam Debat Kelima Pilpres 2019. (Liputan6.com)

Calon presiden petahana Jokowi menyatakan, 4,5 tahun memimpin bangsa Indonesia bersama Jusuf Kalla, telah berusaha mengembalikan watak asli pembangunan Indonesia. Yakni dengan tidak lagi bertumpu pada pembangunan ekonomi semata tapi pada pemerataan.

"Ekonomi tanpa pemerataan adalah ketimpangan, ketimpangan antara kaya dan miskin atau ketimpangan wilayah adalah ketidakadilan," ujar Jokowi.

Jokowi menyatakan, dalam pemerintahannya, pihaknya membangun tidak Jawa sentris tapi Indonesia sentris. Dengan infrastruktur baru, dia ingin ada daerah baru di luar Jawa yang menjadi sentra ekonomi baru.

20.20 WIB

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno saat Debat Kelima Pilpres 2019. (Liputan6.com)

Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno menyampaikan visi dan misinya dalam debat pamungkas 2019. Dia pun mengkritik kebijakan pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, yang membuat pertumbuhan ekonomi di Indonesia tidak dirasakan banyak orang.

Sandiaga mencontohkan seorang ibu, bernama Nurjanah, yang mengaku kini tokonya sepi pembeli. "Ibu Nurjanah mengatakan sepi. Mengeluhkan tokonya yang ada di pasar tradisional," kata Sandiaga.

20.11 WIB

Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat Debat Kelima Pilpres 2019. (Liputan6.com)

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan, pihaknya menilai bangsa Indonesia saat ini tak berjalan di atas landasan yang diharapkan masyarakat. "Kita sekarang dan sudah berjalan lama berada dalam arah yang salah, ini kalau diteruskan tak akan memungkinkan membawa kesejahteraan bagi bangsa Indonesia," ujar Prabowo.

Dia mengatakan, apa yang dilakukan pemerintah saat ini telah menyimpang dari cita-cita pendiri bangsa serta apa yang diperintahkan UUD 1945.

3 of 4

19.47 WIB

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Calon wakil presiden nomor urut 02 Ma'ruf Amin tiba di arena debat pamungkas Pilpres 2019. Ma'ruf Amin didamping istrinya, Wury Estu Handayani. 

Ma'xxxruf mengaku tak memiliki persiapan khusus di debat pamungkas ini. Namun, dia yakin dapat menjawan seluruh pertanyaan baik dari panelis ataupun rivalnya, Prabowo-Sandiaga.

"Harus optimis," kata Ma'ruf.

19.44 WIB

Calon Presiden nomor urut 01 Jokowi. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Calon presiden nomor urut 01 Jokowi tiba di lokasi debat kelima Pilpres 2019, Hotel Sultan, Jakarta. Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan peci hitam itu ditemani Ibu Negara Iriana. "Ya mengalir saja. Nantu dijawab," ucap Jokowi saat ditanya tentang persiapan debat.

19.31 WIB

Calon Presiden nomor urut 01 Jokowi jelang debat kelima Pilpres 2019. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Calon presiden nomor urut 01 Jokowi menuju lokasi debat kelima Pilpres 2019, Hotel Sultan, Jakarta. Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi berangkat ke lokasi debat dari Hotel Fairmont, Senayan.

19.23 WIB

Adik Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Adik Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo tiba di lokasi debat kelima Pilpres 2019, Hotel Sultan, Jakarta. Dia irit bicara ketika ditanya soal persiapan debat pamungkas. "Optimis," ucap Hashim

19.16 WIB

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno tiba di lokasi debat kelima Pilpres 2019. Mengenakan setelan jas hitam dengan dasi merah, Sandiaga Uno datang ditemani istrinya, Nur Asia Uno.

19.06 WIB

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto di lokasi debat pamungkas Pilpres 2019. (Liputan6.com/Yopi Makdori)

Prabowo Subianto tiba di lokasi debat pamungkas Pilpres 2019, Hotel Sultan, Jakarta. "Yang kita perjuangkan adalah realita, akal sehat. Bahwa kekayaan kita tidak tinggal di Indonesia," ujar Prabowo saat diwawancarai.

18.52 WIB

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menuju lokasi debat kelima Pilpres 2019. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto meninggalkan kediamannya di Kertanegara, Jakarta, menuju lokasi debat di Hotel Sultan. Ia nampak melambaikan tangan ke para pendukungnya.

4 of 4

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓