Sahabat: UAS Tak Pernah Kirim Rilis Kecewa Selalu Dikaitkan Dukung Prabowo

Oleh Luqman Rimadi pada 12 Apr 2019, 16:07 WIB
[Bintang] Ustaz Abdul Somad

Liputan6.com, Jakarta - Surat yang berisi kekecewaan Ustaz Abdul Somad (UAS) karena selalu dikaitkan dengan calon presiden nomor 02 Prabowo Subianto beredar viral ke sejumlah email redaksi media di Tanah Air.

Surat yang mengatasnamakan tim media UAS itu menulis soal sikap politik UAS dan kutipan dialog UAS dengan Prabowo yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi.

Terkait hal itu, teman dekat Ustaz Abdul Somad, Tatang Yudiansyah menyatakan bahwa surat yang beredar itu hoaks alias bohong. Menurut dia, dalam menjalankan aktivitas dakwahnya, UAS tidak mempunyai tim media khusus atau pun juru bicara.

"Tidak ada itu beliau punya tim media dan mengirim rilis. Apalagi tim medianya tertulis perempuan, bernama Sinta Agustin. Sinta itu siapa? Tidak ada tim UAS yang bernama Sinta Agustin. Beliau ustaz, sepertinya agak aneh kalau tim dekatnya justru perempuan," tegas Tatang saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (12/4/2019).

Tatang juga mengatakan UAS tidak pernah menjawab klarifikasi melalui media rilis media yang disebar melalui email atau pesan berantai yang biasa dikirim di aplikasi perpesanan, WhatsApps.

"UAS selalu menjawab hal-hal yang menjadi pertanyaan publik, atau klarifikasi  melalui akun Facebook dan Instagram-nya yang telah terverifikasi," ucap Wakil Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) Riau itu. 

2 of 4

Hanya Terima Prabowo

Video Ustadz Abdul Somad Bertemu Capres Prabowo Subianto 02
Video Ustadz Abdul Somad Bertemu Capres Prabowo Subianto 02 (Screengrab-YouTube)

Dia menduga, beredarnya rilis yang mengatasnamakan UAS bermutan politis. Dia meyakini ada pihak yang panik dengan munculnya video kebersamaan UAS bersama capres Prabowo Subianto, sehingga menyebar surat tersebut.

"Surat yang beredar itu tidak benar. Siapa Sinta, yang mengatasnamakan tim media UAS. Tidak ada nama itu,” kata dia.

Terkait sikap UAS yang dinilai memberi sinyal dukungan kepada Prabowo di Pilpres 17 April mendatang. Tatang menilai, dialog dengan Prabowo yang ditayangkan Kamis, 11 April 2019 itu dinilai dapat menjawab pertanyaan tersebut.

"Siapa capres yang bisa menemui beliau? Hanya Pak Prabowo. Dan dalam dialog itu  UAS membawa pesan-pesan dari umat, pesan ulama pelosok yang tidak masyhur, namun punya tingkat keimanan yang tinggi,” ucap dia.

3 of 4

Rilis Mengatasnamakan UAS

Sebelumnya, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com yang mengaku dari tim media UAS, kekecewaan Ustaz Abdul Somad ini muncul karena tim kampanye Prabowo-Sandi yang selalu membuntuti ceramahnya, serta mempengaruhi para jemaah untuk meneriakkan slogan-slogan kampanye Prabowo-Sandi.

Dalam siaran pers tersebut, tertulis nama Sinta Agustin sebagai tim media Ustaz Abdul Somad. Namun, tak disertakan nomor kontak tim tersebut.

Dalam rilis yang disebar, Somad mengaku kecewa karena dirinya selalu dikaitkan dengan pasangan calon 02 dalam Pilpres 2019. Kekecewaannya muncul karena tim kampanye Paslon 02 yang selalu membuntuti ceramah UAS kerap mempengaruhi para jemaah untuk meneriakkan slogan-slogan kampanye Paslon 02.

"Beberapa hari ini banyak sekali sahabat-sahabat jamaah yang mempertanyakan meme dan tulisan yang menyatakan bahwa saya mendukung salah satu capres. Saya nyatakan bahwa semuanya hoax. Mudah-mudahan kita diselamatkan dari penyebaran berita bohong," tulis rilis yang mengatasnamakan UAS itu.

4 of 4

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini : 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by