Sukses

KPU Tepis Hoaks Surat Suara Terbakar di Kota Kinabalu Menangkan Prabowo

KPU akan segera mengganti surat suara yang terbakar.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman membenarkan adanya insiden surat suara terbakar di Kota Kinabalu, Malaysia. Namun, dia membantah surat suara telah tercoblos sebelum kebakaran terjadi.

"Belum, itu masih dalam perjalanan," kata Arief di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Arief menjelaskan, surat suara untuk pemilih warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri memang sudah didistribusikan. Hal ini dikarenakan waktu mencoblos bagi mereka lebih awal, atau early vote.

Sesuai dengan SK KPU untuk pemilih WNI, di luar negeri, rentang waktu disediakan mulai dari 8 April sampai dengan 14 April 2019. Namun, untuk penghitungan suara, semua tetap dilakukan serentak 17 April 2019.

"Jadi tidak ada surat suara di luar negeri yang sudah dihitung," tegas Arief.

Pernyataan ketua KPU RI ini jelas membantah kabar beredar soal surat suara terbakar di Kota Kinabalu yang disebut dimenangkan pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto. Arief juga menegaskan siap mengganti surat suara terbakar itu.

"Jelas itu hoaks. Sudah parah hoaks menyerang KPU. Nanti akan ada penggantian yang membuat logistik rusak terganggu, tak dapat dipakai. Akan kita penuhi lagi," tutur Arief.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Untuk WNI di Perkebunan Sawit

Berdasarkan informasi Panitia Pemilu Luar Negeri Kota Kinabalu, terbakarnya tiga kotak suara keliling terjadi pada Minggu 7 April 2019 pukul 15.00 sore, waktu setempat.

Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Kota Kinabalu menerima laporan sebuah kendaraan sewa mereka terbakar dalam perjalanan pendistribusian ke WNI yang berdomisili di perkebunan Sawit di Sandakan dan Kinabatangan.

Diketahui, rangkaian pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Kinabalu memang sudah dilakukan. Prosesnya dimulai dari distribusi kotak dan surat suara, hingga waktu pencoblosan dijadwalkan pada 8 April 2019. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.