Erick Thohir: Tol Pasuruan Probolinggo Penting untuk Wilayah Tapal Kuda

Oleh Ratu Annisaa Suryasumirat pada 10 Apr 2019, 13:03 WIB
Safari Media, Erick Thohir Sambangi Kantor Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir menyatakan, peresmian jalan tol Probolinggo-Pasuruan (Paspro) serta pengembangan kawasan pelabuhan Probolinggo sebagai pintu ekspor Jawa Timur, akan berdampak baik bagi pergerakan ekonomi di Indonesia bagian Timur. Sebab, jarak tempuh untuk mobilitas barang, jasa, dan penduduk menjadi lebih cepat. 

"Dengan adanya jalan Tol Probolinggo-Pasuruan, jarak tempuh menjadi lebih cepat, 30 menit," tutur Erick Thohir di Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (10/4/2019) melalui sebuah pernyataan tertulis. 

"Lalu kota yang berada di wilayah Tapal Kuda, Jatim ini, dengan pengembangan pelabuhan Probolinggo akan menjadi jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Bali yang masih merupakan destinasi wisata utama," ia melanjutkan.

Menurutnya, meski pemerintah mendanai awal pembangunan infrastruktur melalui APBN, namun dampak yang diharapkan akan tetap menarik kepercayaan investor untuk menanamkan modalnya di berbagai sektor di Probolinggo.

Yaitu, seperti sektor perkebunan, pertanian, hingga pariwisata. Ia menegaskan, hal ini adalah kesempatan baik bagi para wirausahawan lokal untuk mengambil kesempatan.

Selain itu, Erick Thohir menilai pemerintahan Jokowi juga sudah mendukung kesiapan sumber daya manusia di daerah Probolinggo dan daerah lainnya.

"Melalui penguatan Balai Latihan Kerja (BLK) di Probolinggo, untuk pembaruan kejuruan dan materi training serta sertifikasi bagi calon pekerja. Atau Kartu Pra-Kerja yang punya tujuan sama, serta pemberian modal usaha," tukas Erick.

2 of 2

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓