Sukses

Lihat Antusiasme Buruh, Jokowi Optimistis Raup Suara 60 Persen Lebih di Bandung

Jokowi menyebut, pada Pilpres 2014 lalu, dia hanya mampu mendapat suara sekitar 40 persen di Tanah Pasundan. Jokowi saat itu berpasangan dengan Jusuf Kalla.

Liputan6.com, Bandung - Capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi yakin dapat meraup 60 persen suara di Jawa Barat pada Pilpres 2019. Hal tersebut dikatakan Jokowi usai melihat antusiasme serta semangat ratusan buruh yang menghadiri kampanye terbuka di Gedung Budaya Sabilulungan Soreang Kabupaten Bandung Jawa Barat, Selasa (9/4/2019).

"Setelah melihat antusias dan semangat siang hari ini, saya yakin insyaallah di atas 60 persen. Asal seluruh pekerja, seluruh buruh bersatu semuanya bergerak," ujar Jokowi di hadapan ratusan relawan buruh.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut, pada Pilpres 2014 lalu, dia hanya mampu mendapat suara sekitar 40 persen di Tanah Pasundan. Jokowi saat itu berpasangan dengan Jusuf Kalla.

"Kalau saya lihat semangatnya hari ini angka 60 persen bukan angka yang sulit. Dari 40 (persen) meloncat ke 60 (persen). Itu minimal ya. Artinya 65 (persen) boleh, 70 (persen) boleh, 80 (persen) boleh. Tapi minimal 60 (persen)," jelas Jokowi.

Sebelumnya, kampanye yang bertajuk Apel Akbar Relawan Buruh Sahabat Jokowi ini berlangsung secara meriah. Para buruh mendapat hiburan musik dangdut. Mereka terlihat bergoyang menikmati alunan lagu yang dinyanyikan seorang biduan.

Acara tersebut digagas Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Andi Gani Nena Wea. Untuk diketahui Andi Gani saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pembangunan Perumahan (Persero).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menandakan Buruh Bersatu

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Abdul Kadir Karding menyatakan acara ini menandakan buruh bersatu untuk memenangkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Pak Jokowi meminta harus ada kampanye khusus bersama-sama kawan-kawan buruh di Bandung," kata dia.

Dalam kesempatan ini, turut hadir Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani, dan sejumlah anggota tim kampanye.

Sebelum di Bandung, Jokowi lebih dahulu melaksanakan kampanye di Karawang Jawa Barat. Setelah dari Bandung, Jokowi akan melaksanakan kampanye di kampung halamannya Solo, Jawa Tengah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.