Sukses

Di Cirebon, Jokowi: Siapa Tak Setuju KIP Kuliah Maju Saya Kasih Sepeda

Jokowi kembali mempromosikan tiga kartu sakti yang bakal diterbitkan jika terpilih kembali dalam Pilpres 2019.

Liputan6.com, Cirebon - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi menggelar kampanye terbuka di Pelabuhan Perikanan Gebangmekar, Gebang, Cirebon, Jumat (5/4/2019). Dalam kesempatan itu, Jokowi kembali mempromosikan tiga kartu sakti yang bakal diterbitkan jika terpilih kembali dalam Pilpres 2019.

"Pertama-tama saya ingin berbicara tiga kartu, boleh ya," ujar Jokowi di hadapan ribuan relawan.

Pertama, Jokowi memamerkan Kartu Sembako Murah. Ia berkata lewat kartu itu warga akan mendapat diskon yang besar untuk berbelanja sembako. "Siapa yang setuju?" tanya Jokowi dijawab tepuk tangan pendukung.

Jokowi meminta para ibu-ibu untuk mengacungkan jari jika setuju dengan kartu itu. Kedua, Jokowi memamerkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

"Siapa yang setuju KIP Kuliah? Tunjuk jari. Yang tidak setuju silakan maju. Saya akan beri sepeda, silakan maju," tanya Jokowi disambut tepuk tangan.

Ketiga, Jokowi mempromosikan Kartu Pra-Kerja. Jokowi menjelaskan kartu itu nantinya akan diberikan kepada lulusan SMA/SMK, pengangguran, dan pekerja yang terkena PHK.

Dengan adanya kartu tersebut, bagi yang belum bekerja akan mendapat pelatihan dari kementerian maupun swasta. "Dan training-nya tidak di dalam negeri, juga di luar negeri,” ujar Jokowi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ajak Anak

Pada kesempatan itu, Jokowi juga meminta relawan tidak mengajak anaknya ke dalam lokasi kampanye.

"Ini anak-anak jangan dibawa kampanye, panas, tidak boleh ya," pinta Jokowi.

Dalam kampanye kali ini, Jokowi didampingi istrinya Iriana, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, politisi Golkar Agung Laksono, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, hingga Menko PMK Puan Maharani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.