Survei Charta Politika: Prabowo Ketum Partai Paling Disukai Masyarakat

Oleh Liputan6.com pada 04 Apr 2019, 16:45 WIB
Diperbarui 04 Apr 2019, 16:45 WIB
Bersama Tokoh Koalisi Indonesia Adil Makmur, Capres Prabowo Sapa Pendukung di Bogor
Perbesar
Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto menyapa pendukungnya di area Stadion Pakansari, Kab Bogor, Jumat (29/3). Kampanye terbuka itu dihadiri sejumlah tokoh partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Adil Makmur. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Charta Politika merilis elektabilitas sejumlah partai politik dalam Pemilu 2019. Hasilnya, Partai Gerindra berada di urutan kedua dengan 16,2 persen dipengaruhi ketertarikan masyarakat terhadap figur sang Ketua Umum, Prabowo Subianto.

Direktur Riset Charta Politika Indonesia, Muslimin menyampaikan, sosok ketua umum parpol yang paling disukai masyarakat adalah Prabowo dengan raihan 25,2 persen.

"Ketua umum partai yang paling disukai urutannya adalah memang masih Prabowo Subianto, itu paling disukai dari semua ketua umum yang ada," tutur Muslimin di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2019).

Kemudian sosok selanjutnya yang disukai masyarakat di antaranya adalah Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri dengan 19,9 persen, Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dengan 18,1 persen, Ketum PKB Muhaimin Iskandar dengan 6,9 persen, Ketum Nasdem Surya Paloh dengan 4,4 persen, dan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo 2,9 persen.

 

2 dari 3 halaman

Parpol Teratas

Sementara untuk PDIP yang menempati urutan teratas dengan 25,3 persen, lebih banyak dipilih masyarakat lantaran mengusung Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019.

Sementara di urutan ketiga ada Partai Golkar dengan 11,3 persen yang banyak dipilih masyarakat karena memang mereka sudah terbiasa memilih partai tersebut.

"Jadi kalau kita lihat parpol ketua umum siapa yang paling populer memang kita lihat selalu partai lama," jelas Muslimin.

Survei tersebut diambil dengan kurun waktu 19 Maret sampai 25 Maret 2019 melalui tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Ada sebanyak 2 ribu responden yang tersebar di 34 provinsi menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar 2,19 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓