KPU: Balqies Manisang dan Tomy Ristanto Moderator Debat Kelima Pilpres

Oleh Liputan6.comFachrur Rozie pada 02 Apr 2019, 21:42 WIB
KPU Gelar Rapat Sosialisasi Iklan Kampanye Pemilu 2019

Liputan6.com, Jakarta - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Wahyu Setiawan mengatakan, Balqies Manisang dan Tomy Ristanto akan menjadi moderator pada debat kelima Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Debat dengan tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri akan dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta.

"Moderator debat kelima telah disepakati bersama, yakni Balqies Manisang dan Tomy Ristanto. Kemudian moderator pada saat off air Amie Ardhini dan Andromeda Mercury. Mc saat wall of fame nanti Nadia Soekarno dan Rudy Andanu," kata Wahyu di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2019).

Balqies Manisang merupakan moderator asal TvOne, Tomy Ristanto dari NetTV, Amie Ardhini dari Beritasatu, Andromeda Mercury dari TvOne, Nadia Soekarno dari NetTV, dan Rudy Andanu dari Beritasatu.

"Mc konferensi pers Reza Firmansyah Ismail dari Beritasatu dan Tysa Novenny dari Antv," Wahyu menambahkan.

Namun, terkait dengan beberapa nama yang menjadi calon panelis untuk debat kelima nanti, menurut dia hingga kini masih dalam tahap identifikasi dan klarifikasi .

"Tetapi sebagai informasi atas masukan dari berbagai pihak, KPU melibatkan semakin banyak perguruan tinggi. Jadi selain perguruan tinggi di Jawa, KPU juga akan melibatkan Universitas Udayana, Universitas Samratulangi, Universitas Pattimura, Universitas Cendana, dan Universitas Andalas," kata dia.

KPU Gelar Rapat Sosialisasi Iklan Kampanye Pemilu 2019
Komisioner KPU, Wahyu Setiawan bersiap memimpin rapat bersama perwakilan parpol, Jakarta, Rabu (27/2). Rapat membahas jadwal kampanye dan rapat umum serta sosialisasi fasilitasi iklan kampanye Pemilu 2019 di media massa. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, pada debat keempat Pilpres 2019 pada Sabtu, 30 Maret 2019 di Hotel Shangri La, Jakarta, dipandu oleh Retno Pinasti dan Zulfiqar Naghi.

Retno Pinasti merupakan pembawa berita SCTV. Dia lahir di Yogyakarta dan pernah mengenyam pendidikan SMA di Wonosobo, Jawa Tengah. Retno kemudian melanjutkan pendidikannya untuk berkuliah di UGM, Yogyakarta.

Sedangkan Zulfiqar, atau yang kerap disapa Zul ini merupakan presenter berita FOKUS Indosiar. Ia mengawali kariernya sebagai model, bintang iklan hingga pemain sinetron sebelum akhirnya terjun ke dunia pemberitaan.