Sukses

TKN: Pengadangan Rombongan Ma'ruf Amin di Pamekasan Tak Bisa Ditolerir

Politikus Partai Golkar ini pun mengimbau pencinta ulama lainnya tidak terprovokasi oleh aksi-aksi semacam itu.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Ace Hasan Syadzily menilai pengadangan cawapres Ma'ruf Amin usai kampanye terbuka di Sumenep, Madura, Jawa Timur pada Senin kemarin yang diduga dilakukan pendukung pasangan capres Prabowo-Sandi tidak bisa ditolerir. Sebab, cara yang dilakukan dinilai Ace terlalu intimindatif.

"Premanisme yang ditunjukkan pendukung kubu 02 yang mengadang Kiai yang akan beribadah dan ziarah tidak bisa ditolerir. Ini menunjukkan kubu 02 terbiasa dengan cara-cara intimidatif, provokatif dan juga menghalalkan segala cara," kata Ace di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/4/2019).

Menurut dia, kejadian ini menandakan kubu Prabowo-Sandi antiulama. Pasalnya, Ma'ruf Amin juga seorang ulama dan mantan petinggi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

"Sikap mengintimidasi dan tidak menghormati ulama yang akan melaksanakan ritual NU seperti zairah dan haul adalah cara-cara premanisme yang tidak pernah diajarkan dalam ajaran NU," ungkap Ace.

Politikus Partai Golkar ini pun mengimbau pencinta ulama lainnya tidak terprovokasi oleh aksi-aksi semacam itu. Baginya jangan sampai menistakan ulama hanya untuk kepentingan politik.

"Perilaku penghinaan terhadap ulama juga dilakukan terhadap Kiai Mustafa Bisri dengan mengedit video yang seolah-olah Beliau mengomentari Kiai Ma’ruf Amin. Inilah perilaku tidak beradab yang akan menimbulkan perpecahan bangsa," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diduga Massa Paslon 02

Sebelumnya, usai melakukan kampanye terbuka di Sumenep, Madura, calon wakil presiden Ma'ruf Amin hendak menghadiri acara haul dan berziarah ke makam Kiai Suhro di Pamekasan. Namun, sekitar Pukul 17.35 WIB di desa Jambringin, belasan mobil iringan Ma'ruf mendadak memperlambat laju kendaraan.

Ternyata, ratusan pendukung pasangan calon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga mengerumuni. Hal ini terlihat dari teriakan massa dan beberapa atribut yang dibawanya.

Ada massa yang di pinggir jalan sembari mengacungkan jempol dan telunjuk simbol nomor paslon tersebut. Ada pula yang berada di atas motor, sembari sesekali teriak dan menggeber gas kendaraannya.

"Prabowo, Prabowo, Prabowo," pekik massa.

 

Reporter: Sania Mashabi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.