Sukses

Momen-Momen Debat Capres 2019, Bisikan hingga Kemesraan Jokowi Prabowo

Debat capres 2019 ditutup dengan momen kemesraan antara Jokowi dan Prabowo.

Liputan6.com, Jakarta - Debat capres 2019 telah selesai digelar di Shangri-La Hotel Jakarta, Sabtu, 30 Maret 2019. Debat tersebut mengambil tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional.

Debat capres 2019 mengadu gagasan, visi, dan misi dari kedua capres Joko Widodo atau Jokowi juga Prabowo Subianto. Sejumlah momen seru pun tak terelakkan.

Momen tersebut pertama kali terjadi saat Prabowo berbisik kepada Jokowi. Jokowi sempat tertawa usai mendengar bisikan Prabowo tersebut.

Selain itu, debat ditutup dengan momen kemesraan antara Jokowi dan Prabowo. Keduanya mengaku bersahabat.

Berikut momen-momen saat debat capres 2019 dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Bisikan Prabowo

Ada peristiwa menarik saat kedua calon presiden menaiki panggung dan bersalaman.

Peristiwa itu terjadi di ketika para moderator memperkenalkan kedua capres di atas panggung. Saat keduanya bersalaman dan cipika-cipiki, Prabowo mendekati Jokowi dan membisikan sesuatu ke telinga kanan Capres 01 tersebut.

Belum diketahui apa yang dibisikkan Prabowo kepada Jokowi, namun hal itu direspons Jokowi dengan tawa dan tepukan ke lengan Prabowo. Usai bersalaman, keduanya kembali ke sisi masing-masing.

 

3 dari 4 halaman

2. Prabowo Marahi Penonton

Saat berbicara soal pertahanan, sebagai mantan Danjen Kopassus, Prabowo Subianto mengaku dirinya memahami tentang bagaimana TNI.

Ia pun menyebut jika pertahanan Indonesia lemah. Saat mengatakan itu, terdengar suara tertawa penonton. Prabowo sontak menegur penonton yang hadir.

"Pertahanan Indonesia rapuh kenapa kalian ketawa, lucu ya?" ujar Prabowo Subianto saat debat.

 

4 dari 4 halaman

3. Momen Kemesraan

Saat menutup debat, Jokowi menyebut dirinya dan Prabowo merupakan sahabat. Dia pun menuturkan hobinya dalam bersepeda. Saat mengayuh sepeda, Jokowi mengaku sering mengalami rantai putus.

"Tapi percayalah rantai persahabatan kita dengan Prabowo tak akan putus. Persahabatan Pak Maruf Amin dan Sandiaga juga tidak akan putus," ujar Jokowi dalam debat capres di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

Senada, Prabowo juga mengaku persahabatannya dengan Jokowi tidak akan putus walau beda pandangan dalam bernegara.

"Audiens kalau lihat kita terlalu bersahabat, ya kita bagaimana yah? Saya bersahabat dengan beliau, walau kita berbeda tentang kenegaraan," ucap Prabowo.

Prabowo pun meminta Jokowi maklum bila dalam perdebatan kali ini berbicara dengan nada bicara sedikit keras. Namun demikian, Prabowo tetap meyakinkan, kalau dirinya tetap menghormati Jokowi, sebagai kepala negara.

"Maaf pak, saya agak keras, karena saya setengah Banyumas, setengah Minahasa. Jadi agak keras. Saya hormat dengan bapak. Kita pun enggak akan putus persaudaraan kita, kita berjuang untuk rakyat yang terbaik untuk bangsa," ucap dia.

Prabowo pun sempat menyebut sejumlah tokoh di kubu Jokowi-Ma’ruf yang selama ini, yang dekat dengan dirinya.

"Saya dan tokoh-tokoh semua, Ibu Mega, Mbak Yenny semua, Mas Pram, kita pun enggak akan putus saudaraan kita," ucap dia.

Debat capres 2019 keempat ini pun ditutup dengan suasana yang menyejukkan. Foto-foto Jokowi dan Prabowo ditayangkan di layar besar panggung debat.

Lagu berjudul Kemesraan menjadi back song penutup debat. Dua moderator debat capres 2019 Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi juga sempat mengajak kedua capres berswafoto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.