Kegiatan Jokowi dan Prabowo Jelang Debat Capres 2019

Oleh Devira Prastiwi pada 30 Mar 2019, 19:41 WIB
Diperbarui 30 Mar 2019, 19:41 WIB
20161031-Presiden Jokowi Temui Prabowo Subianto-Bogor
Perbesar
Presiden Jokowi dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersantai sambil menaiki kuda di halaman kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor, Senin (31/10). Keduanya usai melakukan pertemuan tertutup selama hampir 2 jam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran debat capres 2019 akan segera digelar di Shangri-La Hotel Jakarta. Debat ini akan mengadu gagasan, visi, dan misi kedua capres Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto.

Debat capres 2019 yang keempat ini mengambil tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional.

Jelang debat malam ini, Sabtu (30/3/2019), kedua capres pun melakukan berbagai persiapan.

Saat Jokowi memilih makan siang bersama keluarganya, Prabowo melakukan salat dan doa bersama.

Berikut beda kegiatan Jokowi dan Prabowo jelang debat capres 2019 dihimpun Liputan6.com:

 

2 dari 4 halaman

1. Makan Siang Sekeluarga

Capres petahana Jokowi. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)
Perbesar
Capres petahana Jokowi. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Capres nomor urut 1 Joko Widodo atau Jokowi memilih mengajak keluarganya makan siang di Kawasan Sabang, Jakarta Pusat.

Berdasarkan pantauan, Jokowi dan Iriana tiba di Restoran Garuda Sabang Jalan H. Agus Salim Menteng Jakarta Pusat, Minggu (30/3/2019), pukul 13.35 WIB. Jokowi mengenakan kemeja putih lengang panjang. Keduanya pun langsung naik ke lantai dua restoran.

Kehadiran Jokowi pun sontak membuat para pengunjung restoran kaget. Pengunjung lantas menunggu Jokowi dan Iriana di depan pintu masuk restoran yang menyajikan masakan khas Minang dan Melayu ini.

Selang 20 menit kemudian, putri Jokowi, Kahiyang Ayu datang bersama suaminya Bobby Nasution serta anak perempuannya Sedah Mirah Nasution. Setelah hampir satu jam makan siang, Iriana bersama Kahiyang, Bobby, dan Sedah Mirah pun keluar restoran dan masuk ke dalam mobil.

Tak lama kemudian, Jokowi turun dari lantai dua dan langsung disambut para pengunjung restoran yang ingin bersalaman dengannya. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun meladeni para pengunjung yang ingin berfoto.

Jokowi mengaku baru memiliki waktu luang untuk berkumpul dan makan siang bersama keluarganya. Pasalnya, selama lima hari berturut-turut, Jokowi sibuk keliling daerah untuk melakukan kampanye terbuka.

"Ini kan enggak pernah ketemu, baru ketemu siang ini. Ya pas waktunya longgar saya ajak makan siang," ujar Jokowi usai santap siang.

Jokowi menuturkan, kedua putranya Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep tak ikut makan siang lantaran sedang berada di Solo. Saat ditanya tentang persiapan debat, mantan Walikota Solo itu enggan berkomentar banyak.

"Persiapan tadi makan padang, persiapannya makan padang," kata dia.

 

3 dari 4 halaman

2. Solat dan Doa Bersama

20150704-Buka Puasa KMP-Jakarta-Prabowo  Subianto
Perbesar
Sejumlah petinggi KMP bersiap untuk Salat Magrib di acara buka puasa bersama di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (4/7/2015). Dalam acara tersebut hadir sekitar 3500 anak yatim. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakil Ketua Umum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso mengungkap, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto melakukan salat dan doa bersama sebelum debat keempat Pilpres 2019. Debat keempat ini bertemakan ideologi, pemerintahan, keamanan, serta hubungan internasional.

"Salat bersama ada doa, ada ceremoni yang standar kita," kata Priyo di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2019).

Selain itu, Prabowo juga mengumpulkan beberapa orang yang tergabung dalam tim 8 BPN Prabowo-Sandi. Hal itu dilakukan terkait debat yang akan ia jalani bersama lawan debatnya yakni Jokowi.

"Ya kemarin kami tim 8 bincang-bincang dengan beliau. Beliau menanyakan soal format debat. Segmen satu seperti apa segemen dua sepeeti apa hingga empat, lima perdebatan tarung bebas sudah kit sampaiakn kepada beliau. Termasuk ada penyampaian visi misi empat menit kita sampaikan, clossing statment juga," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓