Live Report Debat Keempat Pilpres 2019 Jokowi Vs Prabowo

Oleh Nafiysul QodarRaden Trimutia Hatta pada 30 Mar 2019, 22:52 WIB
Diperbarui 01 Apr 2019, 19:13 WIB
Banner Infografis Isu Panas Debat Capres Jokowi Vs Prabowo

Liputan6.com, Jakarta - Debat keempat Pilpres 2019 hanya menghadirkan capres Jokowi dan Prabowo Subianto. Kedua capres itu akan beradu gagasan dalam debat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sabtu (30/3/2019).

Debat keempat ini, Jokowi dan Prabowo akan mengungkap visi misinya dengan terkait dengan ideologi, pemerintahan, keamanan, dan hubungan internasional. Sama seperti debat-debat sebelumnya, pada debat kali ini berisi enam segmen.

Debat antara Jokowi dan Prabowo akan disiarkan Liputan6.com secara live streaming di tautan ini.

Ikuti juga jalannya debat capres 2019 ini dalam live report yang rangkum Liputan6.com mulai pukul 17.00 WIB.

22.37 WIB

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam debat keempat Pilpres 2019. (Liputan6.com)

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto merespons ungkapan ‘rantai persahabatan tak putus’ yang disampaikan capres nomor urut 02 Jokowi. Prabowo juga mengaku persahabatannya dengan Jokowi tidak akan putus walau beda pandangan dalam bernegara. 

"Audiens kalau lihat kita terlalu bersahabat, ya kita bagaimana yah? Saya bersahabat dengan beliau, walau kita berbeda tentang kenegaraan," ucap Prabowo.

Prabowo pun meminta Jokowi maklum bila dalam perdebatan kali ini berbicara dengan nada bicara sedikit keras. Namun demikian, Prabowo tetap meyakinkan, kalau dirinya tetap menghormati Jokowi, sebagai kepala negara.

"Maaf pak, saya agak keras, karena saya setengah Banyumas, setengah Minahasa. Jadi agak keras. Saya hormat dengan bapak. Kita pun enggak akan putus persaudaraan kita, kita berjuang untuk rakyat yang terbaik untuk bangsa," ucap dia.

22.36 WIB

Calon Presiden nomor urut 01 Jokowi dalam debat keempat Pilpres 2019. (Liputan6.com)

Calon Presiden Petahana Joko Widodo atau Jokowi mengaku banyak perbedaan pendapat dalam debat capres malam ini. Namun begitu, yang terpenting bukan tentang debat, melainkan tentang masa depan dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Dia pun menuturkan hobinya dalam bersepeda. Saat mengayuh sepeda, Jokowi mengaku sering mengalami rantai putus.

"Tapi percayalah rantai persahabatan kita dengan Prabowo tak akan putus. Persahabatan Pak Maruf Amin dan Sandiaga juga tidak akan putus," ujar Jokowi dalam debat capres di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). 

22.02 WIB

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam debat keempat Pilpres 2019. (Liputan6.com)

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan, pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi akan dikedepankan pemerintahannya jika terpilih nanti. Menurutnya itu bisa digunakan untuk mencapai transparansi.

"Pemerintahan Prabowo-Sandi akan mengutamakan teknologi ini untuk mencapai transparansi," ucap Prabowo di arena debat Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019) malam.

Menurutnya, segala macam sistem yang diterapkan sekarang baik, tapi harus tujuannya jelas.

"Yang kita capai adalah pemerintah yang efektif dan bersih. Teknologi informasi adalah senjata ampuh untuk itu," kata Prabowo.

Dia pun berjanji dengan memanfaatkan teknologi dalam menyambut Revolusi Industri 4.0, akan menaikkan rasio pajak dari yang sudah dicapai oleh pemerintahan saat ini. Dengan memperbaiki rasio pajak, maka kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN) juga bisa dicapai.

Namun, mantan Danjen Kopassus itu menekankan, jika teknologi itu digunakan, tetapi tidak mensejahterakan rakyat, lebih baik tidak dikedepankan. "Yang utama itu adalah kesejahteraan rakyat," pungkasnya.

22.01 WIB

Capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi memaparkan visi misi dalam debat keempat Pilpres 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3). Debat kali ini mengangkat tema tentang ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional. (Liputan6.com/JohanTallo)

Calon Presiden 01 Jokowi mengungkapkan sistem digital memiliki peranan penting dalam pemerintahan. Untuk itu, ia menegaskan, ke depan pihaknya akan menerapkan sistem tersebut dalam pelayanan publik.

"Ke depan diperlukan pemerintahan 'Dilan'. Digital melayani. Karena pelayanan bukan hanya melayani tapi kecepatan. Yang diperlukan pertama reformasi dalam pelayanan berbasis elektronik," kata Jokowi dalam debat capres di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

Selain itu, dia juga mengatakan, pelayanan yang cepat terhadap masyarakat harus menjadi prioritas bagi pemerintahan ke depannya. Menurut Jokowi, teknologi saat ini memungkinkan bagi sebuah negara memberikan pelayanan yang cepat, tak peduli seberapa besar negara itu.

"Saat ini negara cepat, menguasai negara lambat. Karena itu negara kita harus cepat. Setiap perubahan yang ada, e-bugdeting, e-procurement. Sekarang semuanya betul-betul terkoneksi, dari kota, ke provinsi, dari provinsi ke pusat, saat ini semua kita sambungkan online," ucap dia.

Dengan kecepatan teknologi ini, lanjut Jokowi, maka negara dapat bekerja lebih efektif dalam merespons semua persoalan yang ada.

2 of 5

20.47 WIB

Calon Presiden nomor urut 01 Jokowi dalam debat keempat Pilpres 2019. (Liputan6.com)

Calon Presiden nomor urut 01 Joko widodo atau Jokowi mengatakan, menanamkan nilai Pancasila bukan saja hanya dimulai dari Taman Kanak-Kanak atau TK. Tapi dari tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD).

"Bangunnya Pancasila harus diberikan dalam pendidikan anak-anak kita sejak dari PAUD), TK, SD, SMP, SMA, S1, dan S2," ucap Jokowi di hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

Yang paling penting, kata dia, bagaimana memberikan pendidikan Pancasila ini dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bagaimana anak-anak bisa diajarkan bertoleransi.

Dia juga menyebut Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP yang telah dibentuknya, harus lebih kekinian. "Lewat visual baik di Facebook, di Instagram, di Twitter. Sehingga relevansi dengan Pancasila ini bisa sambung,"pungkasnya.

20.39 WIB

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam debat keempat Pilpres 2019. (Liputan6.com)

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mendapat giliran pertama menjelaskan visi misinya. Dia menjelaskan, ideologi Pancasila adalah final, karena merupakan hasil suatu kompromi besar dan kecemerlangan dari generasi pendiri bangsa kita. Hal itu disampaikan Prabowo dalam pemaparan visi misi dalam debat keempat Pilpres 2019.

"Pancasila berhasil mempersatukan ratusan kelompok etnis, suku, agama besar, budaya yang berlainan dan bahasa berlainan. Kompromi inilah yang menghasilkan Inonesia. Karena itu, kami bertekad mempertahankan Pancasila sampai titik darah penghabisan," ujar Prabowo dalam debat capres keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2019) malam.

Sementara di bidang pemerintahan, dia mengatakan bahwa lembaga pemerintah harus kuat, baru negara kuat dan program pembangunan bisa dilaksanakan.

"Kalau lemah, terlalu banyak korupsi, jual beli jabatan, negara akan lemah. Kami akan memperkuat lembaga pemerintah, kami akan memperbaiki kesejahteraan seluruh aparat pemerintah," tegas Prabowo.

20.19 WIB

Calon Presiden nomor urut 01 Jokowi dalam debat keempat Pilpres 2019. (Liputan6.com)

Calon presiden nomor urut 01 Jokowi, dalam visi misinya menyatakan akan membentuk pemerintahan Dilan, yang artinya pemerintahan Digital dan Melayani.

20.11 WIB

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam debat keempat Pilpres 2019. (Liputan6.com)

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan visi-misinya. Dalam paparannya, Prabowo menegaskan dirinya sangat pancasilais. Ia juga menilai korupsi di Indonesia saat ini sudah parah, bahkan ibarat penyakit sudah stadium 4.

3 of 5

19.39 WIB

Capres Nomor Urut 01 Jokowi tiba di lokasi debat keempat Pilpres 2019. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Calon presiden nomor urut 02 Jokowi tiba di lokasi debat capres 2019, Hotel Shangri-La, Jakarta. Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi.

19.28 WIB

Calon Presiden nomor urut 01 Jokowi jelang debat keempat Pilpres 2019. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Calon presiden nomor urut 02 Jokowi meninggalkan Istana Kepresidenan Jakarta, menuju lokasi debat capres di Hotel Shangri-La, Jakarta. Jokowi di dampingi ibu negara Iriana Jokowi dan cucunya, Sedah Mirah Nasution.

19.23 WIB

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri tiba di lokasi debat keempat Pilpres 2019. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri tiba di lokasi debat. Mengenakan jaket warna merah dengan gambar kepala banteng di belakangnya, Megawati melempar senyum ke arah awak media.

19.18 WIB

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tiba di lokasi debat keempat Pilpres 2019. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tiba di lokasi debat Pilpres 2019, Hotel Shangri-La, Jakarta. Prabowo mengenakan setelah jas dan dasi warna merah serta kopiah hitam.

4 of 5

19.08 WIB

Cawapres Nomor Ururt 01 Ma'ruf Amin. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin tiba di lokasi debat capres, Hotel Shangri-La, Jakarta. Ma'ruf tiba bersama istrinya, mengenakan jaket putih bertuliskan nomor 01.

19.03 WIB

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto meninggalkan kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, menuju lokasi debat Pilpres 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta.

18.58 WIB

Ketua PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bersama Menakertrans Hanif Dhakiri tiba di lokasi debat keempat Pilpres 2019. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Ketua PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bersama Menakertrans Hanif Dhakiri tiba di lokasi debat. Dia hanya melambaikan tangan ke awak media.

18.33 WIB

Lalu lintas di sekitar Lokasi Debat keempat Pilpres 2019, Hotel Shangri-La ditutup untuk kendaraan umum. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Situasi lokasi debat keempat capres tepatnya di Jalan RM Margono Djojohadikoesoemo atau depan Hotel Shangri-La ditutup untuk kendaraan umum. Pada debat kali ini, KPU tidak menyediakan lokasi nonton bareng (nobar) debat.

18.21 WIB

Wakil Ketua Umum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso mengungkap, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto melakukan salat dan doa bersama sebelum debat keempat Pilpres 2019.

"Salat bersama ada doa, ada ceremoni yang standar kita," kata Priyo di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2019).

Selain itu, Prabowo juga mengumpulkan beberapa orang yang tergabung dalam tim 8 BPN Prabowo-Sandi. Hal itu dilakukan terkait debat yang akan ia jalani bersama lawan debatnya yakni Jokowi.

17.49 WIB

Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Tohir. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir tiba di lokasi debat. Dia menyampaikan, Jokowi akan melakukan debat secara ofensif berdasarkan data dan fakta.

"Daya rasa apa yang kita sampaikan ofensif berdasarkan data dan fakta. Saya rasa debat itu bukan serang menyerang, tapi berdasarkan fakta dan data," ucap Erick.

5 of 5

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓