Ma'ruf Amin kepada Para Santri: NKRI Sudah Final, Tak Perlu Diragukan

Oleh Yopi Makdori pada 30 Mar 2019, 18:06 WIB
debat cawapres 2019

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden (cawapres) Ma’ruf Amin menghadiri Rapat Kerja dan Kongres Santri Forum Santri Nasional (FSN) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Dalam orasinnya, Ma’ruf, yang mengenakan pakaian putih meminta agar para santri untuk tidak lagi meragukan dasar negara, yaitu Pancasila dan bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"NKRI bagi kita adalah sudah final, karena NKRI adalah negara kesepakatan para pendiri bangsa ini," kata Ma’ruf Amin di hadapan para santri, Sabtu (30/3/2019).

Menurut Ma'ruf, para ulama telah menyepakati Indonesia berdasarkan Pancasila. Karena Pacasila merupakan titik temu antara golongan nasionalis dengan islamis.

"UUD 1945 adalah kesepakatan nasional. Kesepakatan sesama darah dan setanah air," pungkas Ma'ruf.

Tidak hanya sampai di situ, Ma’ruf Amin juga berpesan supaya santri terus menjaga agama. Karena sebaga orang yang paha agama, menurut Ma'ruf santri memiliki tanggung jawab itu.

"Mengawal agama menurut paham ahlu sunnah wal jam'ah. Menghilangkan dari akidah-akidah yang menyimpang, dari cara berfikir yang menyeleweng," kata Cawapees 01 itu.

 

2 of 2

Menjaga Agama

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Imdonsia (MUI) itu juga berpesan supaya santri menjaga Indonesia dari kelompok-kelompok intoleran.

Meskipun ia tidak menyebut siapa kelompok intoleran itu. "Kalau kita tafsir ulama tafirsnya Fafsir (al) Jalalain, tapi ada kelompok lain yang menggunakan tafisr jalan lain," kata Ma'ruf.

 

Saksikan Video Piihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓