Sukses

Jelang Debat, Ketum Golkar: Jokowi Berpengalaman Tangani Masalah Pertahanan

Jokowi berhadapan dengan Prabowo dalam debat capres keempat dengan tema ideologi, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tidak khawatir capres 02 Prabowo Subianto bakal menguasai tema debat keempat karena berlatarbelakang militer. Sebab menurutnya, capres 01 Joko Widodo atau Jokowi sudah ahli karena telah memimpin negara sebagai presiden.

Jokowi berhadapan dengan Prabowo dalam debat keempat Pilpres 2019 yang digelar pada Sabtu 30 Maret. Tema debat adalah ideologi, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional.

"Jadi sudah real menangani masalah pertahanan dan keamanan," ujar Airlangga di DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Rabu (27/3/2019).

Menurut Airlangga, pengalaman Jokowi jauh dari Prabowo karena menjabat sebagai presiden. Sementara, Prabowo masih tahap berusaha.

"Sedangkan kan yang lain kan baru berusaha menangani pertahanan dan keamanan," imbuhnya.

Airlangga, menambahkan Jokowi punya kebijakan pertahanan dan keamanan yang jelas. Dalam pengadaan alutsista misalnya. Selain itu, selama empat tahun Jokowi memerintah tidak ada konflik horizontal dan vertikal.

"Dengan demikian dalam 4 tahun masyarakat aman dan nyaman nah itu lah membuktikan keandalan presiden Jokowi menangani pertahanan dan keamanan," tandas Menteri Perindustrian itu.

Partai Golkar mengadakan diskusi menjelang debat di kantor DPP. Diskusi ini diharapkan Airlangga untuk masukan kepada capres Jokowi.

"Tujuan dari FGD tentunya untuk belanja informasi menjelang debat nanti, dan belanja informasi ini nanti akan disampaikan kepada Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin," kata Airlangga.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Ada Persiapan Khusus

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Rosan Roeslani menjelaskan, tidak ada persiapan khusus dari Jokowi untuk debat capres paada 30 Maret 2019.

Simulasi debat pun tidak dilakukan karena padatnya jadwal kampanye Jokowi saat ini. Namun, Rosan memastikan bahwa Jokowi pasti akan siap dalam menghadapi debat capres nanti.

"Ya kalau debat capres bapak presiden sih tidak ada persiapan yang khusus karena ini kan yang sudah beliau lakukan sehari-hari gitu ya, dalam kegiatan beliau," tutur Rosan di The Hall, Senayan City, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Dia mengatakan, Jokowi saat ini tengah kampanye di sejumlah daerah seperti Banyuwangi, Jember, Malang, Lhokseumawe, Pekanbaru, hingga ke Kalimantan.

"Ini persiapannya ya karena beliau sudah menjalani ini semua jadi tidak ada persiapan khusus, nggaklah. (Tanggal) 29 balik, 30 debat, dan habis itu berangkat lagi ke Manado, ke Makassar, dan muter lagi. Jadi ya kegiatan beliau akan sangat-sangat padat," kata Rosan.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.