Wakil Ketua TKN: Debat Capres, Jokowi Tidak Ada Persiapan Khusus

Oleh Ratu Annisaa Suryasumirat pada 27 Mar 2019, 17:34 WIB
Diperbarui 27 Mar 2019, 17:34 WIB
Peluk Hangat Jokowi dan Prabowo Awali Debat Kedua Capres
Perbesar
Capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). KPU memenuhi permintaan publik dengan tidak membocorkan pertanyaan sebelum debat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Debat capres antara Joko Widodo atau Jokowi dengan Prabowo Subianto akan dilangsungkan Sabtu, 30 Maret 2019. Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Rosan Roeslani, menjelaskan tidak ada persiapan khusus untuk debat kali ini yang bertemakan ideologi, pemerintahan, keamanan, serta hubungan internasional.

Simulasi debat pun tidak dilakukan karena padatnya jadwal kampanye Jokowi saat ini. Namun, Rosan memastikan bahwa Jokowi pasti akan siap dalam menghadapi debat capres nanti.

"Ya, kalau debat capres bapak Presiden sih tidak ada persiapan yang khusus karena ini kan yang sudah Beliau lakukan sehari-hari gitu ya, dalam kegiatan Beliau," tutur Rosan di The Hall, Senayan City, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Dia mengatakan, Jokowi saat ini tengah kampanye di sejumlah daerah, seperti Banyuwangi, Jember, Malang, Lhokseumawe, Pekanbaru, hingga ke Kalimantan.

"Ini persiapannya ya karena Beliau sudah menjalani ini semua, jadi tidak ada persiapan khusus, enggaklah. (Tanggal) 29 balik, 30 debat, dan habis itu berangkat lagi ke Manado, ke Makassar, dan muter lagi. Jadi ya kegiatan Beliau akan sangat-sangat padat," kata Rosan.

Meski disibukkan dengan kampanye, Rosan mengaku bahwa Jokowi pastinya sudah menyiapkan kejutan untuk masyarakat yang akan menyaksikan debat.

Ia pun meminta agar masyarakat bersabar untuk melihat langsung bahasan yang akan disampaikan Jokowi saat debat.

"Ya kalau kita ceritain nanti enggak seru, silakan nanti disaksikan langsung saat debatnya ya," tandas Rosan.

 

2 dari 3 halaman

Pakta Integritas Debat Capres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama seluruh panelis dan moderator debat keempat Pilpres 2019 menandatangani pakta integritas. Debat antarcapres akan digelar pada Sabtu, 30 Maret 2019.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, penandatangan ini merupakan bentuk komitmen seluruh elemen untuk menjaga independensi dan integritas debat. Arief menegaskan, para pihak tersebut menyatakan akan mematuhi ketentuan yang tertuang dalam pakta integritas.

Salah satu isi pakta itu yakni, tidak membocorkan isi pertanyaan debat kepada masing-masing capres.

"Beberapa poin yang disebut dalam pakta integritas kami harap dapat dipatuhi oleh panelis dan moderator. Terutama yang sering dipertanyakan banyak orang, apakah memberikan atau membocorkan kisi-kisi," kata Arief di Hotel Saripan Pasific, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Sementara itu, koordinator panelis Valina Singka Subekti mengatakan, seluruh panelis berkomitmen membuat pertanyaan debat dengan sangat serius.

"Kami kerja sungguh-sungguh mempersiapkan materi sejak kemarin siang mendengarkan masukan dari para sumber, dan memulai identifikasi permasalahan dari tema debat," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓