Sukses

Ini Strategi Ma'ruf Amin Selama Kampanye Rapat Umum

Ma'ruf akan fokus menyampaikan program dan keberhasilan petahana Joko Widodo atau Jokowi selama rapat umum.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menjelaskan strategi yang bakal dipakai saat kampanye terbuka dalam bentuk rapat umum pada 24 Maret-13 April 2019.

"Ya prinsip-prinsipnya sama cuma kan lebih terbuka kita. Artinya ngajaknya itu ngajak kampanye kepada arah untuk memilih saya dan Pak Jokowi," ujar Ma'ruf di sela safari politik di Samarinda, Kalimantan Timur, Jumat 22 Maret 2019. 

Ma'ruf akan fokus menyampaikan program dan keberhasilan petahana Joko Widodo atau Jokowi selama rapat umum. Selain itu juga membantah hoaks dan fitnah yang menyerang.

"Program tetap. Kemudian juga penangkalan terhadap hoaks, jangan percaya fitnah. Itu pasti di dalamnya tetap ada. Tapi lebih fokus pada arah untuk nanti memilih menusuk kepada paslon 01," kata Mustasyar PBNU itu.

Ma'ruf mengatakan, bakal membagi tugas dengan capres Jokowi. Sehingga tidak selalu hadir dalam satu kesempatan sama.

"Pasti umumnya tidak bareng. Mungkin ada titik-titik yang bareng atau tidak bareng. Saya belum tahu, nanti Tim Kampanye Nasional (TKN) yang mengatur kapan saya bareng," bebernya.

Rapat umum ini, Ma'ruf ingin mengkonsolidasikan unsur pemenangan supaya makin solid. Dari tingkat partai, sampai relawan-relawan.

"Ya tetap, artinya bagaimana mengoordinasikan antara partai-partai yang mungkin lebih dikoordinasikan. kemudian relawan, baik yang terdaftar maupun relawan lepas itu akan kita konsolidasi lebih kuat lagi," jelas Ketum MUI itu.

Berdasarkan jadwal kampanye yang diterima, Jokowi dan Ma'ruf bakal memulai kampanye bersama-sama di Tangerang Kota, Banten pada Minggu, 24 Maret.

Kemudian, Ma'ruf bakal menyambangi Jawa Tengah, Yogyakarta, DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Pada hari terakhir, Jokowi dan Ma'ruf Amin akan kembali bersama di DKI Jakarta.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Makan

Sementara itu, Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin juga terlihat hobi menyantap masakan ikan selama safari politik keliling Indonesia.

Seperti saat safari politik ke Samarinda, Kalimantan Timur, Ma'ruf secara khusus meminta kepada timnya untuk menyediakan nasi kuning dan ikan gabus sebagai santap pagi. Di Balikpapan, Mustasyar PBNU itu lahap makan ikan yang disajikan Ponpes Hidayatullah saat makan siang.

Ketua Majelis Ulama Indonesia itu mengaku sebetulnya ada pantangan makanan. Yaitu harus menghindari makanan berlemak dan kolesterol. Namun, sesekali Ma'ruf melanggar pantangan demi makanan yang dia inginkan.

"Ya dimakan tapi menghindari lemak-lemak, kolesterol. Kecuali ingin betul, sedikit dilanggar lah," ucap Ma'ruf seraya tertawa.

Ma'ruf juga mengaku tetap puasa seperti yang biasa dilakukannya. "Itu sih biasa aja. Artinya puasa, shalat hajat itu pekerjaan biasa rutin. Artinya bukan sesuatu yang baru," ucap dia.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.