Sukses

Ma'ruf Amin Kenalkan Program 3A di Balikpapan, Apa Itu?

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengenalkan program 3A di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Liputan6.com, Balikpapan - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengenalkan program 3A di Balikpapan, Kalimantan Timur. Program tersebut untuk membuka kursus pelatihan.

"Kita akan bikin kursus-kursus, saya nyebutnya 3A, tiga akses. Yaitu akses untuk pintar, akses untuk cakap, akses untuk bugar," ujar Ma'ruf di Hotel Novotel, Balikpapan, Kamis (21/3/2019).

A yang pertama, Ma'ruf Amin menawarkan bakal membuka kursus-kursus kepintaran. Misalnya, kursus matematika, atau kursus bahasa.

A kedua fokus untuk kursus pemberian keterampilan. "Kemudian ada kursus-kursus kecakapan misalnya barista kopi, cara bikin kopi, misalnya jadi seorang fotografer, kursus seni, bikin roti nanti itu ada," jelas Ma'ruf.

Kursus A terkahir adalah fokus untuk olahraga. Kata Ma'ruf Amin, kursus ini bagus untuk orang-orang tua yang ingin kembali bugar.

"Semuanya gratis nanti pemerintah yang akan bayar," sebut Ketum MUI itu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aplikasi Marketplace

Adapun bentuk 3A ini adalah sebuah aplikasi marketplace. Peserta yang mengikuti kursus tersebut bakal mendapatkan sertifikat.

"Kalau sudah lama, dapat sertifikat bisa buka usaha sendiri, bisa bekerja jadi pengusaha, usaha-usaha sehingga tidak ada lagi orang nganggur," ucapnya.

Memulai safari politik di Kalimantan Timur, Ma'ruf Amin menghadiri silahturahmi jaringan kiai, santri, dan aliansi masyarakat Kaltim. Ma'ruf juga menerima deklarasi dukungan.

"Ini saya kira mencerminkan kelompok-kelompok masyarakat di Kaltim, khususnya di balikpapan, semua agama dan suku bersatu mendukung nomor satu. Ini terima kasih," kata Mustasyar PBNU itu.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.