Sukses

Ketum PKB: Wacana Sandiaga Hapus UN Buat Siswa Malas Belajar

Dewan Penasihat Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Muhaimin Iskandar menilai gagasan Sandiaga Uno mengenai penghapusan UN hanya untuk mencari perhatian.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Penasihat Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Muhaimin Iskandar menilai gagasan Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mewacanakan penghapusan Ujian Nasional (UN) jika terpilih sebagai wakil presiden hanya untuk mencari perhatian.

"Tentu itu isu yang orang lagi pusing mikirin UN jadi tertarik. Itu saja tujuannya," ujar Muhaimin di Jombang, Jawa Timur, Senin (18/3/2019).

Ketua Umum PKB ini mengatakan, gagasan Sandiaga menghapus UN hanya membuat anak sekolah malas belajar.

Dalam penyampaikan visi misi saat debat cawapres pada Minggu 17 Maret 2019 Sandiaga berjanji akan menghapus ujian nasional (UN), dan menggantinya dengan program penerusan minat dan bakat.

"Kami akan menghapus ujian nasional. (UN) ini adalah biaya pendidikan tinggi. UN tidak berkeadilan. Kami ganti dengan penerusan minta dan bakat. Mereka (pelajar) akan mampu diarahkan ke ekonomi kreatif atau bidang lain sesuai kemampuannya," kata Sandiaga.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penelusuran Bakat

Di bidang pendidikan, Sandiaga menyatakan, pihaknya fokus pada pendidikan tuntas berkualitas. Pihaknya akan meningkatkan kesejahteraan guru, memastikan status guru, khususnya guru honorer.

"Kurikulum diperhatikan," ujarnya.

Pihaknya juga akan menghentikan ujian nasional dan mengganti dengan penelusuran minat dan bakat untuk siswa.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.