PoliticaWave: Ma'ruf Amin Lebih Mendominasi Debat Cawapres 2019

Oleh Devira Prastiwi pada 18 Mar 2019, 16:04 WIB
debat cawapres 2019

Liputan6.com, Jakarta - Debat calon wakil presiden atau debat cawapres yang berlangsung Minggu, 17 Maret 2019 malam rupanya menjadi momen yang paling ditunggu oleh netizen. Ajang adu gagasan kedua cawapres, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno dinantikan masyarakat.

Tema debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 itu adalah Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Kebudayaan. Debat cawapres tersebut berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta.

Lembaga survei PoliticaWave merilis hasil survei usai berlangsungnya debat cawapres. Rilis tersebut mengangkat judul Penampilan Ma’ruf Amin di Debat Ketiga Melebihi Ekspektasi Netizen.

Hal itu berdasarkan pantauan PoliticaWave di media sosial pada Minggu 17 Maret 2019.

"Ma'ruf Amin mendominasi percakapan netizen dengan jumlah percakapan sebesar 58,26 persen, dengan perbandingan 98 persen sentimen positif dan 2 persen sentimen negatif," tulis PoliticaWave melalui keterangan tertulisnya, Senin (18/3/2019).

Sementara Sandiaga Uno mendapatkan jumlah percakapan sebesar 41,74 persen dengan perbandingan jumlah sentimen positif sebesar 79 persen dan mendapat 21 persen sentimen negatif.

Tak hanya itu, PoliticaWave juga merilis hasil survei tiap segmen saat debat cawapres berlangsung. Dan memang hasilnya, Ma'ruf Amin unggul pada semua segmen debat cawapres.

 

2 of 3

Persentase Tiap Segmen

Debat Cawapres 2019
Debat Cawapres 2019 antara Ma'ruf Amin dengan Sandiaga Uno. (Liputan6.com)

Pada segmen pertama, jumlah percakapan Ma'ruf Amin 72,89 persen dengan sentimen positif 98,66 persen dan negatif 1,34 persen.

Penampilan Ma'ruf Amin dinilai tenang dan santai. Namun, cara penyampaiannya seperti menghapal dan ceramah.

Sedangkan Sandiaga Uno jumlah percakapannya 27,11 persen dengan sentimen positif 96,89 persen dan 3,11 persen sentimen negatif.

Isu positif yang diangkat Sandiaga Uno ada janjinya menghapus Ujian Nasional atau UN. Namun, isu negatifnya adalah Sandiaga dinilai tidak sopan menyinggung usia Ma’ruf.

Pada segmen kedua, jumlah percakapan Ma'ruf 66,26 persen dengan sentimen positif 97,31 persen dan 2,69 persen sentimen negatif.

Isu positif yang diangkat Ma'ruf adalah program Globalisasi Budaya dipuji netizen. Namun, isu negatifnya adalah banyak netizen tidak paham dengan maksud 10 Years Challenges dan banyak yang menanyakan soal sumber dana abadi.

Sedangkan Sandiaga Uno, jumlah percakapannya 33,74 persen dengan sentimen positif 74,22 persen dan sentimen negatif 25,78 persen.

Isu positif yang diangkat Sandiaga adalah program 22 menit olahraga. Sedangkan isu negatif yang menerpanya adalah Sandiaga disindir karena diam-diam melihat contekan.

Begitu pula pada segmen tiga hingga enam, di mana, Ma'ruf Amin terus unggul jika dibandingkan dengan Sandiaga Uno.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by