Live Report Debat Cawapres Ma'ruf Amin Vs Sandiaga Uno

Oleh Ika DefiantiNanda Perdana PutraRaden Trimutia Hatta pada 17 Mar 2019, 22:49 WIB
Banner Infografis Headline Adu Amunisi Ma'ruf Amin Vs Sandiaga Uno

Liputan6.com, Jakarta - Debat ketiga Pilpres 2019 di gelar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019). Debat kali ini hanya akan menampilkan calon wakil presiden (cawapres), Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno.

Pada debat Cawapres ini, tema yang diangkat soal Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Kebudayaan. Tak seperti dua debat sebelumnya, pada debat cawapres akan ada beberapa perbedaan.

Hal ini memang sengaja dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memperbaiki kekurangan pada debat-debat sebelumnya. Salah satunya adalah pembentukan Komite Damai yang baru muncul pada debat ketiga Pilpres 2019 nanti.

Selain itu, format debat juga akan berubah dan jumlah penonton yang hadir akan berkurang.

Ikuti perkembangan berita terkini sepanjang debat cawapres dalam live report Liputan6.com mulai pukul 17.00 WIB.

22.38 WIB

Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyampaikan pendapatnya saat debat cawapres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ma'ruf Amin menyatakan akan melanjutkan apa yang sudah dilakukan Jokowi-Jusuf Kalla untuk perbaikan menerus dan berkelanjutan.

"Jokowi-JK peletak dasar modal dasar. Kita yang akan maksimalkan. Membesarkan dan menyempurnakan," ujar Ma'ruf Amin dalam ucapan penutup debat cawapres di Hotel Sultan. 

Ma'ruf menyatakan, di kepemimpinan mendatang pihaknya akan menggeser strategi pembangunan nasional dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia. "Mohon doa restu rakyat agar ini terwujud," kata dia.

Selain itu, Ma'ruf Amin menambahkan, pihaknya memastikan kabar pembubarkan Kemenag, melarang azan dan melegalisasi zina adalah hoaks.

"Saya bersumpah atas nama Allah akan melawan pihak-pihak yang akan melakukan itu semua," tegasnya.

22.25 WIB

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menyampaikan pendapatnya saat debat cawapres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sandiaga Uno mengatakan, Prabowo-Sandi akan menghadirkan solusi yang diharapkan rakyat agar bisa mendapatkan pekerjaan. Salah satunya dengan program yang sudah digagas.

Dia mengaku lahir di dunia pendidikan, karena banyak anggota keluarganya menggeluti dunia pendidikan. Karena itu, dia akan memastikan kesejahteraan guru akan ditingkatkan.

Demikian pula di bidang kesehatan, Sandiaga berjanji di 200 hari pertama Prabowo-Sandiaga, masalah BPJS akan dituntaskan dan tenaga medis akan mendapatkan honor tepat waktu.

"Untuk semua layanan dari pemerintah, kita tak ingin merepotkan negara. Mari kita ambil dompet masing-masing, keluarkan satu kartu yang sudah kita miliki, yaitu KTP. Ini sudah canggih, semua layanan pendikan kesehatan bisa diberikan, PKH akan kita tambah jadi PKH plus, ini akan menjadi kartu kami," pungkas Sandiaga Uno.

21.50 WIB

Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyampaikan pendapatnya saat segmen kedua debat cawapres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3). Debat itu mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengungkap, jumlah tenaga kerja asing atau TKA yang ada di Indonesia tidak besar seperti yang dibayangkan, bahkan angkanya sangat kecil.

Hal itu disampaikan ma'ruf untuk menjawab pertanyaan calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno tentang strategi apa yang dimiliki pasangan Jokowi-Ma'ruf untuk memastikan keadilan bagi tenaga kerja.

"TKA di Indonesia terkendali. Jumlahnya di bawah 0,01 persen dan itu adalah paling rendah di seluruh dunia. Ada catatannya," ujar Ma'ruf Amin.

21.41 WIB

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menaiki panggung debat cawapres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3). Debat itu mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Cawapres Sandiaga Uno menyatakan, penataan tenaga kerja asing (TKA) harus tegas. Salah satu yang harus dilakukan adalah harus bisa berbahasa Indonesia.

"Seperti halnya tenaga kerja kita yang berada di luar negeri, mereka juga harus bisa berbahasa asing," ujar Sandiaga.

Sandiaga menyatakan, lowongan pekerjaan harus diprioritaskan kepada anak bangsa, bukan warga asing.

21.26 WIB

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menyampaikan pendapatnya saat segmen kedua debat cawapres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3). Debat itu mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menyatakan, pihaknya akan menyeimbangkan antara pembangunan manusia dengan kebudayaan.

"Karya terbaik anak bangsa sudah mendunia, tinggal mengkolaborasikannya. Tugas pemerintah mebentuk pemerintahan yang kuat, keberpihakan tegas agar budaya jadi prioritas pembangunan. Kita akan seimbangkan pembangunan manusai dan budaya juga harus menjadi prioritas," beber Sandiaga Uno.

20.23 WIB

Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyampaikan pendapatnya saat segmen kedua debat cawapres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3). Debat itu mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ma'ruf Amin menyatakan, bersama Jokowi ia akan terus mengembangkan kebudayaan nasional dan kearifan lokal. Dalam rangka membangun jati diri bangsa dan membangun toleransi, gotong royong, Ma'ruf akan mengembangkan budaya sebagai nilai kehidupan yang bersifat nasional dan bersifat kolektif kebangsaan. 

"Nasional itu persatuan, gotong royong, akhlak yang mulia, kolektif kebangsaan, antara lain berdaulat dalam politik yang mandiri dalam ekonomi, berkepribadian dalam kebudyaaan. Nilai individual dan kebangsaan ini akan kita angkat dari kearifan lokal," ungkap Ma'ruf Amin. 

Eksepsi Ditolak, Sidang Ratna Sarumpaet Berlanjut
2 of 5

20.46 WIB

Cawapres Sandiaga Uno. (Liputan6.com)

Sandiaga Uno akan menyinergikan riset, dunia usaha dan pemerintah agar Indonesia dapat menduduki peringkat lima besar pada 2045.

20.39 WIB

Cawapres Ma'ruf Amin. (Liputan6.com)

Ma'ruf Amin akan bentuk Badan Riset Nasional. Bersama Jokowi, ia merencanakan untuk mengikutsertakan semua pihak, yaitu pemerintah, akademisi dan dunia usaha serta industri.

"Harapan kami, dengan itu riset akan semakin berkembang menjadi riset yang bisa membangun," tegas Ma'ruf.

20.22 WIB

Cawapres Sandiaga Uno. (Liputan6.com)

Cawapres nomor urut 02 dalam visi misinya menyampaikan akan mengapus ujian nasional (UN), memperluas lapangan pekerjaan, membereskan masalah BPJS pada 200 hari pertamanya.

20.11 WIB

Debat Cawapres 2019 antara Ma'ruf Amin dengan Sandiaga Uno. (Liputan6.com)

Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyampaikan visi misinya. Ma'ruf menawarkan tiga kartu untuk biaya kuliah, kartu prakerja dan kartu sembako murah.

19.55 WIB

Presiden Jokowi datang ke lokasi debat cawapres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, bersama Ibu Negara Iriana Jokowi. Kedatangan Jokowi disambut Ketua TKN Erick Thohir dan cawapres Ma'ruf Amin. 

3 of 5

19.30 WIB

Pendukung Sandiaga Uno jelang Debat Cawapres 2019. (Liputan6.com/Nanda Perdana)

Pendukung Cawapres Sandiaga Uno bernyanyi maju tak gentar di lokasi debat, Hotel Sultan, Jakarta.

19.22 WIB

Pendukung Ma'ruf Amin jelang Debat Cawapres 2019. (Liputan6.com/Nanda Perdana)

Pendukung cawapres Ma'ruf Amin melantunkan salawat di lokasi debat, Hotel Sultan, Jakarta. 

19.10 WIB

Sandiaga Uno tiba di lokasi debat cawapres, Hotel Sultan, Jakarta, didampingi istrinya Nur Asia.

19.02 WIB

Cawapres Sandiaga Uno meninggalkan kediamannya menuju lokasi debat cawapres, Hotel Sultan, Jakarta.

19.01 WIB

Ma'ruf Amin tiba di lokasi debat cawapres, Hotel Sultan, Jakarta. Ia datang didamping sejumlah ulama. 

4 of 5

18.51 WIB

Rachmawati Soekarnoputri

Rachmawati Soekarnoputri tiba pukul 18.43 WIB di lokasi Debat Cawapres, Hotel Sultan, Jakarta. Ia mengenakan kursi roda hanya melambaikan tangan dan melempar senyum.

18.47 WIB

Ma'ruf Amin didampingi istrinya meninggalkan kediaman menuju lokasi debat cawapres di Hotel Sultan, Jakarta.

18.40 WIB

Polisi melakukan pengamanan ketat jelang debat cawapres di Hotel Sultan, Jakarta, malam ini. Imbasnya, sejumlah kendaraan roda empat yang bermaksud masuk ke Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, lewat pintu 10 menimbulkan kemacetan parah.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (17/3/2019), petugas dari satuan TNI Polri bersiaga di sepanjang Jalan Gerbang Pemuda yang persis berada di depan Pintu 10 GBK. Satu persatu mobil yang masuk diperiksa ketat petugas.

Kemacetan mengular hingga depan pintu masuk Jakarta Convention Center (JCC). Sementara lokasi pintu masuk VIP dan VVIP kandidat debat terpantau lancar.

18.32 WIB

KPU menerima daftar pertanyaan dari Tim Panelis. Kemudian, dilakukan pengundian meteri debat yang akan didapat para cawapres.

17.36 WIB

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno memohon doa dari kedua orangtuanya dan masyarakat menjelang debat cawapres yang akan dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta.

Sebelumnya Sandiaga bersama istri, Nur Asia, ibunya Sandiaga, Mien Uno dan ayah Sandiaga, Henk Uno bersama keluarga dan masyarakat menunaikan shalat Ashar berjamaah di Mesjid At Taqwa di Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan.

17.22 WIB

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin masih berada di kediamannya. Ia masih terlihat bercengkrama dengan keluarga dan kerabatnya.

 

 

 

 

5 of 5

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓