Sukses

KPU Tetapkan 9 Nama Panelis Debat Ketiga Pilpres 2019

Sembilan panelis ini sedang melakukan focus group discussion (FGD) untuk mempersiapkan debat ketiga Pilpres 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan sembilan nama panelis debat ketiga Pilpres 2019 yang akan berlangsung 17 Maret mendatang. Sembilan panelis yang akan membuat soal materi debat ini sedang melakukan focus group discussion (FGD) untuk mempersiapkan debat cawapres.

"Nanti mengundang sembilan panelis dan teman-teman NGO, tokoh masyarakat yang bergerak di lima tema itu. Moderator juga kita undang," ujar Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019).

Arief mengatakan, FGD akan berlangsung pada Selasa hingga Kamis. Selama merumuskan materi debat, para panelis harus menandatangani pakta integritas tidak membocorkan soal materi debat.

Adapun sembilan nama panelis debat ketiga Pilpres 2019 adalah:

1. Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar periode 2018-2022 dan Guru Besar Sosiologi Unhas

2. Prof Dr Chairil Effendy MS, Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak Periode 2007-2011, Profesor Sastra Untan

3. Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng, Rektor Unsyiah Periode 2018-2022 (periode kedua)

4. Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof KH Yudian Wahyudi

5. Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Prof Subhilhar, MA, Ph.D

6. Sastrawan dan budayawan, Radhar Panca Dahana

7. Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah

8. Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia (MKKI periode 2018-2021) yang juga dosen Universitas Airlangga, Prof Dr David S Perdanakusuma dr Sp BP-RE(K)

9. Rektor Universitas Diponegoro periode 2019-2024, Prof H Yos Johan Utama SH M.Hum

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rampungkan Susunan Acara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelesaikan rapat lanjutan membahas debat ketiga yang akan menghadirkan dua calon wakil presiden, 17 Maret mendatang. Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan mengatakan pihaknya telah merampungkan tata panggung hingga rundown acara.

"Persiapan debat ketiga antara TKN 01, BPN 02, TV penyelenggara dan hotel, berlangsung lancar tidak ada kendala yang berarti. Insyaallah dalam waktu dekat kita juga akan melakukan gladi kotor," kata Wahyu di Kantor KPU RI, Rabu, 6 Maret 2019 malam.

Dia mengungkapkan, jumlah penonton di dalam ruangan debat sudah disepakati seluruh pihak. Nantinya, total jumlah undangan 450, dengan masing-masing kandidat akan mendapatkan alokasi 75 undangan.

Diketahui, kesepakatan bersama debat ketiga sejauh ini telah menyetujui dua nama moderator, yaitu Alfito Deanova dan Putri Ayuningtyas.

Namun terkait panelis, Wahyu mengaku KPU masih menggodok prosesnya. "Belum panelis belum, segera nanti," singkat Wahyu.

Sebagai informasi, debat ketiga mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan. Perlu diketahui, debat ini hanya melibatkan calon wakil presiden, yaitu Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.