Sukses

Tips Sukses Wirausaha dari Sandiaga: Cintai Pekerjaanmu

Sandiaga menginginkan seluruh lapisan masyarakat mendukung wirausaha milineal Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Calon wakil presiden Sandiaga Uno memberikan tips untuk pengusaha muda agar menjadi solusi permasalahan lapangan pekerjaan di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan mencintai pekerjaan yang kini ditekuni.

"Satu-satunya cara melakukan pekerjaan besar adalah mencintai apa yang kamu kerjaan. Siap bekerja dengan cinta? Setiap memasuki bidang apa pun awali dengan pertanyaan pada diri sendiri. Pertanyaannya seperti ini, apakah ini bidang yang kita cintai? Entrepreneurship," kata Sandiaga di acara Young Entrepeneur Summit di Sasana Budaya Ganesa, Bandung, Minggu, (10/3/2019).

Sandiaga menuturkan terdapat beberapa ciri pekerjaan yang sesuai dengan yang diinginkan, di antaranya adrenalin akan memuncak dan tidak sabar untuk segera mengerjakannya.

Sandiaga mengaku tengah menggelar pelatihan dan pendampingan entrepreneur muda, dipicu dari data peserta usaha menengah kecil menegah (UMKM) sebanyak 94 persen dari mahasiswa.

Disebutkan oleh Sandiaga, program tersebut sudah berlangsung selama setahun terakhir ini. Tujuannya untuk menebarkan pola pikir entrepreneurship.

"Bidang yang saya cintai. Passion saya ini entrepreneurship. Saya menjalani ini penuh dengan kebahagiaan dan kenikmatan. Alhamdulillah, ikut melahirkan entrepreneur muda," ujar Sandiaga.

Sandiaga menginginkan seluruh lapisan masyarakat mendukung wirausaha milineal Indonesia. Menembus keterbatasan akses dan kualitas pendidikan, dengan menyiapkan pendidikan yang sesuai minat serta bakat.

Untuk itu diperlukan kurikulum bermuatan vokasi, karakter dan kewirausahaan dalam program pendidikan. Kelompok milenial dianggap sebagai modal bangsa yang harus dijaga.

"Seperti ancaman narkoba, gangguan depresi yang melanda jiwa muda dan jiwa yang sekarang ini perempuan Indonesia harus kita atasi. Jiwa muda adalah jiwa yang sehat," tutur Sandiaga.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.