Sukses

TKN: Politikus Muda Harus Contoh Jokowi dan Prabowo

Maruarar mengingatkan, persaingan Prabowo-Jokowi lima tahun lalu kembali berlangsung dengan ketat dan sengit.

Liputan6.com, Jakarta - Joko Widodo atau Jokowi dan Prabowo Subianto kembali bersaing dalam Pilpres 2019, setelah sebelumnya pernah duel dalam kontestasi yang sama pada 2014 lalu.

Menjelang Pilpres, persaingan keduanya maupun para pendukungnya semakin sengit. Kendati demikian, hubungan personal Jokowi dan Prabowo dinilai sangat baik. Karena itu Tim Kampanye Nasional (TKN) meminta semua politikus muda pendukung Jokowi maupun Prabowo mencontoh keduanya.

Demikian disampaikan Anggota TKN, Maruarar Sirait, Minggu (10/4/2019). Politikus PDIP ini mengajak semua pihak agar berdemokrasi dengan saling menjaga persatuan.

"Kita boleh berbeda, boleh bersaing, boleh berkompetisi, tapi menurut saya sangat penting sekali, tadi saya sampaikan, keinginan bersatu menjaga kebersamaan itu seharusnya lebih juga sangat tinggi. Karena sesudah 17 April kan kita harus tetap bersatu kembali," jelasnya ditemui di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

Maruarar mengingatkan, persaingan Prabowo-Jokowi lima tahun lalu kembali berlangsung dengan ketat dan sengit. Termasuk juga persaingan antartim sukses. Namun demikian, keduanya bisa memberi contoh bagaimana seorang politikus dan negarawan harus bersikap.

"Keputusan KPU masih ada proses ke MK lima tahun lalu. Diputuskan MK Pak Jokowi dan Pak JK menang, kemudian Pak Jokowi datang ke tempat Pak Prabowo untuk mengundang hadir dalam pelantikan, silaturahmi dan Pak Prabowo hadir," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saling Berkunjung

Selain itu, kata dia, juga dalam hubungan lima tahun keduanya memiliki hubungan sangat baik. Komunikasi keduanya secara pribadi tidak masalah.

"Mereka saling mengunjungi. Dan tetap saja saya pikir pemerintah juga tidak ada yang sempurna. Kalau ada yang kurang diingatkan dan selama ini check and balance terjadi di DPR," lanjutnya.

Dia meminta semua pihak untuk menjaga iklim demokrasi yang sudah berjalan. Politikus muda harus bisa mencontoh Jokowi dan Prabowo.

"Sebaliknya mereka berdua bisa jadi contoh yang baik terutama bagi politikus-politikus muda tahu waktunya bersaing, tahu waktunya berkompetisi dan kapan waktunya bisa bersatu. Penting sekali Indonesia kita jaga. Kompetisi penting, bersaing penting, tapi persatuan dan persaudaraan jauh lebih penting," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • TKN