Sukses

Sandiaga Uno: Saat Pilgub DKI Banyak Keluarga Saya Dukung Ahok

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno memaklumi manuver yang dilakukan oleh Rudi Hartono Uno yang mendukung pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf di pilpres 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno memaklumi manuver yang dilakukan Rudi Hartono Uno dengan mendukung pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. Dia mengaku telah terbiasa dengan manuver sejumlah keluarganya sejak di Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu.

Sandiaga mengungkapkan, pada saat dirinya maju sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, banyak pula keluarganya yang mendukung Basuki Tjahja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Namun, Sandi mengaku tak marah dengan keputusan yang dilakukan sejumlah keluarganya tersebut.

"Waktu Pilgub DKI banyak juga keluarga saya mendukung Pak Ahok. Begitu saya terpilih, mereka yang paling pertama datang ke Balai Kota. Its ok, we are all big family. Pilihan politik sah saja berbeda-beda," kata Sandi di Jakarta, Minggu, 3 Maret 2019.

Lagi pula, kata Sandi, sosok Rudi Uno yang mendukung Jokowi bukan berada digaris keturunan yang merupakan saudara dekatnya. Sebaliknya, dia lantas memaklumi dukungan saudara jauhnya itu sebagai pilihan politiknya sebagai salah satu kader parpol pengusung Jokowi-Ma'ruf.

"Pak Rudi Uno Gorontalo Utara itu beliau caleg Hanura dan sudah terkonfirmasi. Dia juga aktif kampanye daerah. Menurut saya kita hormati dan keluarga Uno itu cerdas-cerdas ya. Dia mendukung Presiden Jokowi sebagai (kader) Hanura," terangnya.

Atas dasar itu semua, Sandiaga menuturkan, pihaknya meminta semua pihak untuk menanggapi perbedaan demokrasi secara wajar. Bagi dia, perbedaan merupakan bagian konsekuensi dari negara demokrasi.

"Kita harus selebrasi dan bangga melihat perbedaan ini. Indonesia semakin hari merajut kebangsaan," Sandiaga memungkas.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deklarasi Keluarga Uno Dukung Jokowi

Sekadar informasi, sejumlah relawan dan keluarga Uno menyatakan dukungan kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. Dipimpin oleh Rudi Hartono Uno, dukungan itu diberikan ketika Jokowi bertemu dengan relawan dan Keluarga Uno di Gorontalo, Kamis, 28 Februari 2019 malam.

Sementara itu keluarga besar Uno langsung membantah manuver yang dilakukan oleh Rudi Uno. Mereka mengklaim, dukungan keluarga masih solid untuk mengusung pasangan calon nomor urut 02 Prabowo-Sandi.

Adapun Uno merupakan salah satu marga di Gorontalo. Nama itu juga merupakan nama belakang cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno yang juga berasal dari Gorontalo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.