KPU Usul Debat Kelima Pilpres pada 9 April 2019

Oleh Liputan6.com pada 20 Feb 2019, 17:28 WIB
Diperbarui 22 Feb 2019, 09:14 WIB
PBB Dinyatakan Sah, KPU Laksanakan Putusan Bawaslu

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusulkan perhelatan debat kelima calon presiden-wakil presiden pada Selasa 9 April 2019. Hal ini dicetuskan, menyusul jadwal debat pamungkas tersebut belum ditentukan sebelumnya.

"KPU mengusulkan tanggal 9 April," ujar Ketua KPU Arief Budiman usai rapat evaluasi debat kedua di kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

Menurut Arief, usulan ini sudah disampaikan kepada pihak Tim Kampane Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga. Namun demikian, hal tersebut masih dalam tahap diskusi antarkedua belah pihak.

"KPU selalu berdialog membuka ruang diskusi," jelas Arief.

Merunut jadwal, KPU menghelat debat sebanyak lima kali. Sampai saat ini KPU telah melangsungkan dua kali debat. Pada debat perdana dilangsungkan pada 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Mengusung tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

KPU melangsungkan debat kedua pada 17 Februari 2019 di Hotel Sultan Jakarta, dengan tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, lingkungan hidup. 

2 of 3

Jadwal Debat Selanjutnya

Peluk Hangat Jokowi dan Prabowo Awali Debat Kedua Capres
Ketua KPU Arief Budiman (tengah) bersama capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto bernyanyi Indonesia Raya saat memulai debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, debat ketiga Pilpres 2019 akan dihelat di Hotel Sultan, pada 17 Maret 2019. Tema yang diusung adalah pendidikan kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

Pada debat keempat, berselang sekira dua pekan, KPU akan kembali melangsungkan debat pada 30 Maret 2019, dengan tema ideologi, pemerintahan keamanan serta hubungan internasional.

Pada debat terakhir antara pasangan capres dan cawapres, baru tema yang telah pasti, yakni ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri. Sementara tanggal dan lokasi debat masih menjadi diskusi antara KPU, tim Jokowi, dan tim Prabowo.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓