Sukses

Evaluasi Debat Capres Kedua, KPU Sebut Kemungkinan Format Baru

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan mengatakan ada tiga fokus yang menjadi bahan evaluasi pada rapat hari ini. Yakni tentang format dan mekanisme debat, tata laksana debat yang meliputi tata panggung, terakhir aspek ketertiban.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU), perwakilan dua pasang calon presiden-wakil presiden, dan pihak terkait mengadakan rapat evaluasi debat capres yang diselenggarakan pada Minggu, 17 Februari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta.

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan mengatakan ada tiga fokus yang menjadi bahan evaluasi pada rapat hari ini. Yakni tentang format dan mekanisme debat capres, tata laksana debat yang meliputi tata panggung, terakhir aspek ketertiban.

"Jadi secara umum tiga itu yang menjadi pokok bahasan dalam (rapat evaluasi) debat kali ini," kata Wahyu di kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

Ia menjelaskan, kendati melibatkan pihak dua pasangan calon dalam rapat evaluasi, tidak serta merta usulan atau kritik ditindaklanjuti oleh KPU. Alasannya, KPU telah memiliki konsep awal untuk debat ketiga.

Kendati demikian, kata Wahyu, KPU tidak bersikap tutup mata atas segala masukan khususnya hal yang menyangkut prosedur dan tata cara debat capres.

"Ya semua pihak yang kasih masukan kita terima. Tetapi eksekusinya itu menjadi kewenangan KPU untuk beberapa hal," ujarnya.

Sementara itu, rapat evaluasi yang diselenggarakan KPU dimulai pukul 10.30 WIB. Perwakilan dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf adalah Garda, sementara perwakilan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Ferry Mursyidan Baldan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Debat Ketiga

Selain membahas soal evaluasi, KPU juga mempersiapkan debat ketiga dalam rapat tersebut.

"Sekaligus kita mempersiapkan debat yang berikutnya," kata Wahyu.

Menurut Wahyu pihaknya siap menampung bahan evaluasi dan hasil evaluasi memungkinkan perubahan fotmat dan mekanisme debat ketiga mendatang.

"Sehingga kedepan akan ada perbaikan-perbaikan dan dimungkinkan ada format dan mekanisme debat yang baru," ujarnya.

Ia menyatakan KPU siap menerima kritik dan saran dan siap meningkatkan kualitas debat kedepan.

"Kan tak ada gading yang tak retak jadi yang kurang baik kita perbaiki yang sudah baik kita pertahankan syukur-syukur kita tingkatkan," tambahnya.

Diketahui, debat selanjutnya adalah antar cawapres yang akan dilaksanakan pada 17 Maret 2019 bertempat di Hotel Sultan, Jakarta.

 

 

Reporter: Yunita Amelia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.