Sukses

TKN Minta Kubu Prabowo Cek Langsung Pembangunan Jalan 191 Ribu Kilometer oleh Jokowi

Dana sebesar Rp 257 triliun yang sudah digelontorkan melalui APBN menunjukkan bahwa Jokowi sudah sungguh-sungguh dan konsisten dalam menjalankan program membangun Indonesia dari pinggiran.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Johnny G Plate menyatakan, data yang diberikan Jokowi mengenai pembangunan jalan sepanjang 191 ribu kilometer di desa benar adanya. Bila ada yang protes, Johnny menantang agar hal tersebut diperiksa secara langsung.

Menurutnya, dana sebesar Rp 257 triliun yang sudah digelontorkan melalui APBN menunjukkan bahwa Jokowi sudah sungguh-sungguh dan konsisten dalam menjalankan program membangun Indonesia dari pinggiran.

"Melalui dana desa telah dibangun lebih dari 190 ribu kilometer jalan pertanian. Kalau Pak Prabowo tidak yakin dengan data itu, silahkan ke 75 ribu desa di Indonesia ini, tanyakan kepada masyarakat di sana, baru omong," ujar Johnny di Jl. Cemara, Menteng, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Ia menegaskan, jalan sepanjang 191 kilometer tersebut memang baru dibangun di era pemerintahan Jokowi. Hal itu juga bukanlah total pembangunan jalan dari pemerintahan yang sebelumnya.

"Lah dana desanya baru dibangun sekarang, itu kan dari dana desa. Emang ada dana desa di pemerintahan sebelumnya? Kan begitu," tandas Johnny.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

15 Kali Diameter Bumi

Sebelumnya, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional atau BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak menilai ucapan capres petahana Joko Widodo soal jalan desa yang dibangun adalah kebohongan.

"Jokowi klaim membangun jalan desa 191.000 km. Ini sama dengan 4,8 kali Keliling Bumi atau 15 kali Diameter Bumi," kata Dahnil dikutip dari akun Twitternya @Dahnilanzar, Senin 18 Februari 2019.

Dahnil pun menekankan, sumber kebohongan informasi terlihat jelas, saat debat kedua antara Jokowi dan Prabowo. Ia heran dengan klaim Jokowi, yang bilang membangun ratusan ribu km jalan desa.

"Itu membangunnya kapan? Pakai ilmu simsalabim apa? Ternyata produsen kebohongan sesungguhnya terungkap pada debat malam tadi," ujar Dahnil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.