Sukses

TKN Persilakan Kubu Prabowo Lihat LHKPN jika Ingin Tahu Pendukung Jokowi yang Kuasai Lahan

Plate mengungkapkan pertarungan ini adalah antar capres dan cawapres, bukan antar pendukung. Sehingga dia menyarankan kubu Prabowo untuk langsung melihat LHKPN saja.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Johnny G Plate, menilai Jokowi tidak perlu mengungkap data lahan yang dimiliki pendukungnya.

Hal ini ia katakan terkait adanya tantangan dari kubu capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang meminta Jokowi mengungkap data pendukungnya yang menguasai lahan di Indonesia.

"Kalau mengungkapkan enggak perlu semua pejabat negara bisa lihat, kan. Kalau BPN mau tahu, periksa aja LHKP pejabat-pejabat negara, kan sudah melaporkan LHKP. Kalau dia mau kepemilikan konsesi, kan, melalui korporasi," kata Plate saat dihubungi merdeka.com, Selasa (19/2/2019).

Plate mengungkapkan pertarungan ini adalah antarcapres dan cawapres, bukan antar pendukung. Sehingga dia menyarankan kubu Prabowo untuk langsung melihat LHKPN saja.

"Diungkap juga boleh, silakan saja diungkap kan tinggal dilihat di LHKPN. Tapi kalau terkait sekarang ini kan konteksnya calon," ungkapnya.

"Kalau pasangan calon itu menghalangi informasi terkait rekam jejak profesionalnya termasuk di perusahaan ada apa? Kalau tidak mau itu ada apa," ucapnya.

Sekjen Partai NasDem ini menegaskan Jokowi tidak pernah bermaksud menyinggung lahan milik Prabowo, tetapi hanya ingin mengingatkan implementasi Pasal 33 UUD 1945 terkait Keadilan Ekonomi.

Selain itu, tambah Plate, segala bentuk kepemilikan lahan yang sudah menempuh proses yang benar haruslah dihormati. Termasuk, kata dia, TKN menghormati kepemilikan lahan Prabowo.

"Sama saja konsesi yang diberikan Pak Prabowo juga kalau sudah dilakukan dengan sesuai aturannya ya harus dihormati. Yang perlu diperhatikan apakah pemenang konsesi melaksanakan kewajiban atau tidak," ucap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Tak Kuasai Lahan

Dihubungi terpisah, juru bicara TKN Irma Suryani Chaniago menegaskan Jokowi bebas dari penguasaan lahan secara pribadi. Hal itu, kata dia, harus dicontoh oleh pemimpin lainnya di Indonesia.

"Yang pasti Pak Jokowi bersih dari 'penguasaan' atas lahan-lahan untuk kepentingan pribadi. Itu yang harus dicontoh oleh calon-calon pemimpin negeri ini," kata Irma saat dihubungi merdeka.com, Selasa (19/2/2019).

Sebelumnya, Anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) capres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno, Nizar Zahro, menilai Jokowi tak pantas menyerang Prabowo dengan isu kepemilikan lahan pada debat capres 17 Februari lalu.

Dia pun menantang Jokowi untuk membuka daftar lahan yang dikuasai oleh orang-orang terdekatnya. Pasalnya, kata Nizar, banyak lahan yang dikuasai oleh pendukung Jokowi.

"Lebih hebat lagi, bila Presiden Jokowi berani membongkar para pendukungnya yang memiliki lahan lebih luas dari yang dimiliki oleh Prabowo. Semut di seberang kelihatan tapi gajah di pelupuk mata tidak terlihat. Ini pepatah yang layak disematkan kepada Jokowi," kata Nizar dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/2/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo