Sukses

Ma'ruf Amin: Jokowi Tak Pakai Alat Bantu, Mereka Kebanyakan Nonton Film

Menurut Ma'ruf. Jokowi sudah mempersiapkan berbagai materi sebelum debat berlangsung.

Liputan6.com, Banten - Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin mengaku tak habis pikir atas tudingan sejumlah pihak yang menyebut Joko Widodo menggunakan alat bantu dengar atau earpiece saat debat kedua kemarin.

Ma'ruf menegaskan bahwa capres petahana itu tidak menggunakan alat bantu apa pun saat tampil dalam debat.

"Jangan-jangan mereka kebanyakan nonton film Mission Impossible itu. Saya kan kiai, kiai itu kan apa adanya saja dan tidak mungkin Pak Jokowi mengggunakan yang begitu-begitu itu," kata Ma'ruf di Ponpes An Nawawi Tanara, Banten, Selasa (19/2/2019).

Menurut Ma'ruf, Jokowi sudah mempersiapkan berbagai materi sebelum debat berlangsung. Ia pun mengklaim Jokowi sudah menghafal semua materi debat yang mengangkat tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur.

"Enggak usah disuplai dari mana-mana, beliau sudah ngantongin. Saya sudah bilang kalau itu semua ada dalam kepalanya Pak Jokowi. Kalau saya adanya di luar kepala saya," kata Ma'ruf.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Alat Bantu

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan membantah capres petahana Jokowi menggunakan earpiece saat debat capres kedua pada Minggu malam tadi.

"Tidak ada yang menggunakan alat bantu, jadi clear seperti itu," ujar Wahyu dikutip dari JawaPos.com, Senin 18 Februari 2019.

Tak hanya Jokowi, Wahyu mengatakan Prabowo Subianto juga tidak menggunakan alat bantuan supaya bisa mudah menjawab pertanyaan. Sehingga adanya tudingan Jokowi menggunakan earpiece adalah kebohongan.

"Jadi baik 01 maupun 02 tidak ada yang menggunaan alat bantuan," tegasnya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.